Kumis dan Celana Gantung, Penampilan Ikonik Jojon

Pelawak Jojon
Sumber :
  • Dok. Iwan Manga

VIVAlife - Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Kini, komedian senior, Djuhri Masdjan alian Jojon telah meninggal dunia.

Almarhum meninggal akibat serangan jantung. Kabar kematiannya datang dari sang istri, Henny lewat pesan singkatnya.

"H Djojon meninggal dunia di Rumah Sakit Ramsey Premier Jatinegara pukul 06.10."

Semua berduka mendengar kabar ini. Apalagi semasa hidup, banyak kenangan yang tak terlupakan dari sosok pria berusia 66 tahun ini. Sebagai komedian, almarhum memiliki ciri khas penampilan yang melekat dan selalu diingat banyak orang.

Jojon identik dengan kumis kecil ala Charlie Chaplin. Ada juga yang menyebutnya, mirip dengan kumis diktaktor Nazi, Adolf Hitler. Tentu, ini tidak asli, Jojon menempelkan kumis palsu di bawah hidung pada setiap penampilannya.

Soal berpakaian, Jojon pun tak pernah lepas dari kemeja, baju warna-warni bermotif ceria, serta celana gombrang yang dikenakan di perut dan bretel. Penampilan tersebut, kerap menyimbolkan karakter Jojon yang jenaka.

Saking tersohornya Jojon dengan busana ikonik itu, jika seseorang memasukkan kemeja ke dalam celana yang terlalu naik, ia disebut mengenakan celana model jojon.

Penampilan itu juga membuat Jojon disebut-sebut sebagai maskot grup lawak Jayakarta Group, yang sempat berjaya pada tahun 80-90an.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Komedian Jojon wafat pada Kamis 6 Maret 2014, menyusul kepergian rekannya di Jayakarta Group yakni Prapto (yang lebih sering menjadi cewek bernama Esther) dan Uuk. (asp)

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024