Terpukau Keindahan Air Terjun di Dalam Gua

Ruby Falls
Sumber :
  • facebook.com/RubyFallsCave

VIVAlife - Lookout Mountain di Tennessee, Amerika Serikat (AS), terkenal dengan fitur geologinya yang tak biasa. Salah satunya adalah air terjun bawah tanah yang terletak 341 meter di bawah permukaan gunung. Dinamakan Ruby Falls, air terjun setinggi 44 meter tersebut berlokasi di dalam gua kapur.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sejarah panjang menyertai air terjun unik ini. Pada tahun 1905, pintu masuk gua Lookout Mountain ditutup bagi publik menyusul pembangunan terowongan kereta api oleh Southern Railroad Company. Lebih dari dua dekade kemudian, seorang pencinta gua bernama Leo Lambert memutuskan untuk membuka kembali gua tersebut.

Pada tahun 1923, Lambert yang sudah pernah menjelajahi gua Lookout Mountain sebelum ditutup, mengajak investor untuk mewujudkan idenya tersebut. Gagasan Lambert antara lain mengebor lubang untuk lift di bagian lain gunung. Tujuannya agar gua bisa diakses dari permukaan atas.

Proyek ini kemudian dimulai pada musim gugur 1928. Namun saat menggali lubang untuk lift pada 28 Desember 19298, pekerja menemukan kekosongan pada batu dan merasakan adanya semburan udara. Setelah diperiksa lebih lanjut, ditemukan bukaan setinggi 45,7 sentimeter dan lebar 1,5 meter.

Lambert bersama tim kecil memasuki bukaan tersebut untuk menemukan kemungkinan gua baru. Saat eksplorasi ini, mereka menemukan sejumlah formasi batu yang indah dan tak biasa.

Semakin dalam menelusuri gua, Lambert dan timnya menemukan sebuah air terjun. Mereka bergegas kembali ke permukaan untuk berbagi penemuan luar biasa ini kepada anggota tim lainnya.

Dalam eksplorasi selanjutnya Lambert membawa beberapa orang, termasuk sang istri, Ruby. Lambert kemudian memberitahu sang istri bahwa ia akan menamakan air terjun itu sesuai namanya, yakni Ruby Falls.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Ruby Falls dibuka bagi publik pada tahun 1930. Sejak saat itu, jutaan pengunjung pernah menyambangi tempat ini. (adi)

Sumber: rubyfalls.com

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024