"Indigo Rose", Tomat Hitam Kaya Manfaat

Indigo Rose
Sumber :
  • Suttons
VIVAlife
Layangkan Somasi, Sarwendah Tunggu Permintaan Maaf dari Oknum Penyebar Fitnah
- Seiring bergulirnya zaman, para petani juga terus mengembangkan sayuran unik. Setelah wortel ungu dan asparagus putih, kini tercipta tomat hitam.

Senator AS Beri Pujian ke MBS: Visi Arab Saudi 2030 Akan Mengubah Timur Tengah

Mengutip
Motor Listrik Lokal Ramaikan Pameran Inabuyer 2024
Daily Mail , tanaman itu ditumbuhkan di dalam rumah kaca. Saat baru tumbuh, warnanya hijau seperti tomat normal. Namun, alih-alih merah, warnanya menghitam saat tomat mulai matang.


Varietas itu disebut “Indigo Rose”. Sutton Seeds dari Devon merupakan perusahaan yang memprakarsainya. Rencananya, tomat hitam akan dijual pertama kalinya di Inggris tahun ini.


Adalah Jim Myers, profesor di University of Oregon, yang menggagas ide itu. Ia berinisiatif menciptakan tomat hitam, setelah seorang mahasiswa tertarik dengan manfaat kesehatan tomat.


Selain berbeda secara fisik, tomat hitam juga lebih sehat dibanding tomat merah. Para ilmuwan di Amerika Serikat mengatakan, tomat hitam mengandung anthocyanin dan antioksidan yang membantu memerangi diabetes dan obesitas.


“Mereka memang tidak semanis tomat normal, tapi rasanya lebih gurih. Bagus untuk dipanggang dan dimakan dengan salad,” kata Alfie Jackson, asisten manajer produk dari Sutton Seeds.


Sebelum Indigo Rose, sudah ada beberapa tomat berwarna gelap yang pernah dikembangkan. Namun, tomat kali ini diklaim sebagai satu-satunya yang paling gelap.


Alfie menjelaskan, Jim dan timnya menemukan tomat dengan pigmentasi ungu, berkat kandungan anthocyanin. Kandungan yang sama juga terdapat pada blueberry.


“Mereka kemudian menyilangkan tomat ungu dengan beberapa tomat liar, hingga akhirnya terciptalah warna hitam,” lanjutnya Alfie.


Di Inggris sendiri, sayuran langka tengah digemari warga. Sebanyak 26 persen dari pemilik rumah di sana, juga mulai memasak sayuran yang dihasilkan dari kebun sendiri. Peluang Indigo Rose pun terbuka lebar. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya