Belajar ke Luar Negeri, Maudy Ayunda Berjuang Hidup Mandiri

Maudy Ayunda
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja
VIVAlife-
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global
Sibuk di dunia akting dan bernyanyi tak membuat Maudy Ayunda lalai dalam belajar. Terbukti ia berhasil masuk ke salah satu universitas paling bergengsi di dunia, yakni Oxford University.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan
Diakui Maudy, ia banyak mendapatkan pengalaman menarik selama mengenyam pendidikan di sana.
Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

"Di sana itu mungkin yang menarik sistem belajarnya. Di sana satu kelas cuma beberapa murid dan kelasnya kayak di ruangan duduk, di sofa. Itu menarik buat aku."


Menempuh pendidikan di salah satu universitas kenamaan tentunya Maudy harus bersaing ketat dengan teman-temannya dalam bidang prestasi. Oleh karenanya, ia tidak pernah melewatkan waktu untuk belajar sebelum ujian.


"Sempat banget pas balik kesana mepet banget dan harus ada ujian. Ya aku sekarang lebih tahu kalau pulang ke sana lebih cepat biar bisa belajar."


Di awal masa pendidikannya di negeri orang, Maudy juga dituntut untuk banyak beradaptasi. Tak hanya lingkungan kampus tetapi juga cuaca. Perubahan cuaca pagi dan malam yang bisa berbeda 180 derajat tak urung membuatnya sakit.


"Sempat sakit tapi lebih karena proses adaptasi tapi aku malah sehat-sehat saja sekarang dan daya tahan tubuhnya kuat."


Selain itu, Maudy juga harus belajar untuk menyesuaikan lidahnya dengan cita rasa asing. Maudy yang tak suka kentang, tak jarang rela memasak nasi sendiri. Tak hanya itu, banyak hal lain yang juga harus diselesaikannya sendiri selama di sana. Dengan demikian, kini ia mengaku jauh lebih mandiri daripada sebelumnya.


"Ya pasti (lebih mandiri) karena tanggung jawab banget kalau ada yang hilang dan harus ngurus sendiri, ada budget juga kayak murid-murid yang lain. Aku juga belajar budgeting, jadi adaptasi itu juga." (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya