Meraup Kecantikan Pulau Lengkuas dari Atas Langit

pulau lengkuas belitung
Sumber :
  • in-tourism.com

VIVAlife - Di antara pulau-pulau kecil yang mengelilingi pulau-pulau kembar di lepas pantai timur Sumatera, terdapat sebuah daratan yang istimewa. Pulau Lengkuas, namanya.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Ia tak hanya memiliki kecantikan alam. Terdapat pula eksotisme mercusuar berusia ratusan tahun di sana. Dari situ, terlihat hamparan laut biru jernih bertabur batuan granit.

Terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Lengkuas termasuk pulau kecil. Luasnya tak lebih dari satu hektar. Meski begitu, pemandangannya tak kalah indah dari pulau-pulau lain di Bangka Belitung.

Nuansa nan eksotis didapat dari pantai berpasir putih yang menghadap birunya samudera. Ditambah dengan ratusan pohon palem yang rimbun dan batuan granit yang tersebar di pinggir pantai.

Sungguh sebuah pemandangan yang mampu memanjakan mata.

Mercusuar yang ada di sana, telah berdiri sejak tahun 1882. Peninggalan Belanda itu masih berfungsi hingga kini. Lalu lintas kapal laut yang menyeberangi Pulau Belitung, selalu dipandu olehnya.

Menariknya, wisatawan diizinkan menaiki mercusuar dengan ketinggian 50 meter itu. Ada belasan lantai di mercusuar yang memungkinkan menikmati keindahan alam di sekitar pulau.

Peluh yang membanjiri saat menaiki mercusuar, hilang seketika saat melihat kecantikan biru laut yang berpadu harmonis dengan keindahan batuan granit berwarna putih pucat.

Tak hanya itu, pulau-pulau kecil berwarna hijau yang tampak dari kejauhan turut menjadi pemandangan yang memesona. Seluruh kecantikan itu bisa diraup dari segala sisi.

Sayangnya, tak banyak fasilitas yang bisa didapat di pulau ini. Air bersih pun masih sangat terbatas. Warga Pulau Lengkuas harus pergi ke luar pulau jika ingin mendapatkan air bersih.

Ingin memasukkannya sebagai rencana liburan minggu ini? Ada perahu nelayan yang bisa disewa dari beberapa tempat seperti Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tajung Tinggi. Kapasitasnya sepuluh orang. (ren)

Sumber: Indonesia.Travel

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah
Nikita Mirzani

Masalah dengan Ajudannya Memanas, Nikita Mirzani Tetap Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto

Terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Presiden dan Gibran Rakabuming sebagai Wakil Presiden RI disambut dengan penuh suka cita bangsa Indonesia. Termasuk Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024