Menilik Sejuta Manfaat Daun Bawang

Ilustrasi daun bawang
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Puluhan Kampung Tenggelam, Kabupaten Mahakam Ulu Tetapkan Status Darurat Banjir
- Bawang sering diolah menjadi bumbu masakan. Digoreng pun sangat pas untuk membuat gurih makanan. Tapi sayangnya, jarang yang menyukai daunnya, padahal sayuran ini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Tabrak Lari Ibu Hamil di Depan Kantor Kemenlu, Pengemudi Grandmax Ditangkap di Brebes

Daun bawang punya rasa pedas khas dan padat akan nutrisi. Juga rendah kalori dan memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi.
Masih Banyak Material Sisa Erupsi Gunung Marapi yang Bisa Picu Bencana Susulan, Kata Gubernur


Satu sendok makan potongan daun bawang mengandung 1 kalori, 0 gram lemak, 0 gram protein dan 0 gram karbohidrat, serta 3 persen asupan harian vitamin A dan C. Selain itu, satu porsi daun bawang juga mengandung vitamin K, folat, kolin, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.


Dengan kandungan yang sedemikian melimpah, daun bawang secara efektif mampu mengurangi risiko kanker perut dan kanker kolorektal. Bahkan, penelitian yang diterbitkan di dalam
Journal of National Cancer Institute
menyebutkan, daun bawang juga berpotensi mengurangi risiko kanker prostat.


Manfaat lain, mereka yang rajin mengonsumsi daun bawang akan terbantu kualitas tidur dan memorinya. Sedangkan kandungan folat berfungsi untuk mencegah depresi dengan mengendalikan homosistein.


Begitu banyak keuntungan yang didapat, mulai sekarang perbanyaklah konsumsi daun bawang untuk mempersedap hidangan, baik mentah maupun yang telah dimasak. Daun bawang nikmat dipadu dengan omelet ataupun menu makanan serba telur.


Sumber: Medical News Today
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya