Kulit Gelap Usai Berenang, Tepis dengan Cara Ini

Ilustrasi wanita berjemur
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Berenang punya sejuta manfaat dahsyat. Selain membakar lemak dan memperbaiki postur tubuh, berenang juga baik untuk jantung, tulang, dan sendi, serta mengusir stres.

Namun, berenang juga membuat kulit lebih gelap. Usai berenang di kolam yang terpapar sinar Matahari, akan ada garis-garis putih mengganggu yang membentuk busana renang di tubuh.

Benarkah berenang buruk untuk kulit? Mengutip Boldsky, bukan hanya sinar Matahari yang menggelapkan kulit saat berenang di kolam terbuka. Kaporit yang dipakai untuk menjaga kebersihan air pun buruk untuk kulit. Selain membuat kering, kaporit juga membuat kulit gelap.

Terlalu lama dalam air juga membuat tekstur kulit lebih lembut serta sensitif, sehingga sedikit saja paparan sinar Matahari langsung dapat merusak kulit. Berikut yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya.

Mandi menyeluruh

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Setelah berenang, mandilah yang bersih dan menyeluruh. Itu dapat membantu menepis efek kaporit pada kulit. Jangan lupa, gunakan sabun yang baik, tidak membuat kering namun efektif membersihkan.

Gunakan pelembap

Jangan pernah lupa menggunakan pelembap usai berenang untuk menjaga elastisitas kulit. Kondisi kulit terbaik yang bisa menyerap pelembap adalah saat masih basah. Jadi, segera gunakan usai mandi.

Gunakan tomat

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Asam sitrat merupakan obat terbaik untuk menanggulangi kulit gelap usai berenang. Salah satu sumber asam sitrat: tomat. Gosokkan tomat pada kulit untuk mengurangi kulit gelap. Bisa juga dijadikan masker.

Air mineral dan jus

Kaporit membuat kulit kering. Untuk mencegahnya dehidrasi, konsumsi banyak air mineral dan jus segar. Selain untuk kulit, minuman itu juga baik bagi tubuh yang kekurangan cairan saat berenang.

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Masker pisang

Untuk wajah, aplikasikan masker pisang. Campuran pisang dan madu mampu membuat kulit terhidrasi dan tampak bersinar alami. Ini merupakan cara paling ampuh mengusir kulit gelap usai berenang.

Tabir surya

Jangan hanya gunakan tabir surya sebelum berenang di kolam yang terpapar sinar Matahari. Di sela berenang dan setelah meninggalkan kolam renang, tabir surya juga penting digunakan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya