Museum Ini Hanya Buka 12 Jam Setahun

Pengunjung Museum Bom Atom, Trinity Site
Sumber :
  • atomicarchive.com

VIVAlife - Museum identik dengan bangunan bersejarah untuk menaungi dan melindungi benda-benda bernilai historikal tinggi. Karenanya, bangunan museum pun biasanya berarsitektur tahan lama dan merupakan bangunan bersejarah. 

Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban

Namun berbeda dengan Trinity Site. Museum ini, letaknya terbuka di padang gurun yang tandus. Selain lokasinya yang tidak biasa, museum ini juga terkenal kontroversial, karena mengunjunginya butuh waktu khusus. 

Museum yang terletak di New Mexico, Amerika Serikat, ini, dibuka untuk umum hanya 12 jam per tahun, yakni 6 jam di musim semi dan 6 jam saat musim gugur.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Jika dilihat dengan mata telanjang, tak ada yang istimewa dari Gurun Jornada del Muerta, lokasi Trinity Site. Hanya berupa hamparan pasir luas tanpa situs bangunan. Lantas apa yang membuat gurun ini begitu istimewa? Ternyata di tempat tersebut, penduduk setempat pernah merasakan ledakan bom atom pertama di dunia.

Ledakan terjadi pada 16 Juli 1945 pukul 05.29 waktu setempat. Ketika itu, bola api besar meledak dan pecahannya tersebar menjadi kerikil-kerikil pasir. 

Saat mengunjunginya, tak ada pemandu yang menjelaskan awal mula bom tersebut. Yang ada hanyalah foto-foto yang menggantung di pagar besi dilapisi kawat berduri. Dari potret visual itulah sejarah bom atom dipaparkan

Di padang gurun, terdapat rumah peternakan tua yang terus diabadikan. Rupanya, ini adalah tempat di mana ilmuwan Robert Oppenheimer merakit bom penuh tragedi tersebut. Jendela pecah, atapnya pun hilang akibat gelegar ledakan, tapi rumah dan kerangkanya masih bertahan hingga hari ini.

Ledakan itu melahirkan kawah di dalam gurun sedalam 1,83 meter dan sepanjang 12,1 meter. Cekungan ini merupakan obyek yang menarik di tengah gurun. Beberapa sisa ledakan bom juga dikumpulkan dan dikubur, sebagian lagi dipajang di dalam kotak kaca.

Bom atom adalah senjata yang sangat rahasia dan itu diungkap secara gamblang di sini. Inilah salah satu alasan mengapa Trinity Site sangat menarik untuk dikunjungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya