Melongok Lima Jembatan Terpanjang di Dunia

Akashi Kaikyo
Sumber :
  • jb-honshi.co.jp

VIVAlife - Meski ratusan meter sungai membelah daratan, aktivitas warga tetap terjalin berkat jembatan. Desainnya pun dibuat indah, dengan tata lampu yang menarik agar wisatawan punya alasan untuk mengunjunginya.

Tak peduli sepanjang apapun sungai, jembatan tetap diupayakan untuk dibangun. Tak heran, apabila bangunan ini dinilai sebagai keajaiban buatan manusia.

10 Tahun Menabung, Penjual Tahu Bakso di Klaten Naik Haji

Di dunia ini, setidaknya ada lima jembatan terpanjang yang memiliki kekhasan masing-masing dan tentunya mengundang decak kagum wisatawan. Apa sajakah itu?

Jembatan gantung dengan rentang terpanjang - Akashi Kaikyo, Jepang

Raksasa baja ini terbentang di atas Selat Akashi yang memisahkan Kobe dan Iwaya. Panjang rentang tengah jembatan mencapai 1.990 meter. Setiap harinya, jembatan gantung ini dilewati 23 ribu mobil. Karena menghubungkan area yang sering dilanda bencana, jembatan pun dibuat tahan gempa.

Jempatan berpenghuni terpanjang - Krämerbrücke, Jerman

Sekjen DPR Ajukan Praperadilan soal Penyitaan Pasca Penggeledahan oleh KPK

Layaknya negeri dongeng, Krämerbrücke dibangun sangat cantik dengan sentuhan Eropa modern. Di atas jembatan sepanjang 78 meter, 62 rumah kayu dibangun dan 32 di antaranya difungsikan sebagai pusat kerajinan sera toko.

Jembatan terpanjang di atas air - Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat

Yang satu ini tidak dibangun menggantung di udara, melainkan tepat di atas air dengan beton-beton kokoh. Dengan panjang 23,87 kilometer, jembatan yang terletak di utara New Orleans tersebut dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai jembatan atas air terpanjang di dunia.

Jembatan lengkung terpanjang - Pont de la Libération, Prancis

Reaksi Anindya Bakrie Usai Oxford United Pastikan Tiket Promosi

Meski jembatan lengkung masih populer, biasanya dibuat dengan bahan-bahan modern seperti baja. Tapi tidak dengan jembatan sepanjang 96 meter ini, Pont de la Libération sudah berusia 100 tahun dan terbuat dari batu bata, menambah aksen artistik untuk kota.

Jembatan tertutup terpanjang - The Hartland Bridge, Kanada

Di The Hartland Bridge, para pengguna tak perlu takut panas maupun hujan. Jembatan sepanjang 391 meter ini tak hanya memiliki atap, namun juga diberi dinding. Jembatan dibangun pada 1920 dan pernah hancur akibat es. Kabarnya, penutupan jembatan dilakukan agar bau kayu busuk tak terhirup. (asp)

Sumber: CNN

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya