Ibu, Hindarkan Anak dari 4 Makanan Ini

Ilustrasi balita bayi anak makan
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Saat tingkah laku anak mendadak berubah, tidurnya gelisah atau muncul tanda kemerahan di kulitnya, bisa jadi itu gejala alergi. Penyebabnya bisa dari banyak hal, salah satunya makanan.

Apapun yang dikonsumsi, sekalipun itu bergizi, bisa “ditolak” tubuh. Padahal, anak membutuhkan cukup nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Salah satunya: protein yang terdapat dalam susu.

Sayangnya, nutrisi itu justru menjadi salah satu penyebab utama alergi pada anak.

Menurut dr Zakiudin Munasir, SpA(K), ketua divisi alergi imunologi bagian ilmu kesehatan anak FK UI, RSCM, alergi merupakan reaksi hipersensitifitas yang terjadi pada tubuh.

Untuk mencegahnya, orang tua harus waspada dan mengetahui apa saja yang memicu alergi. Dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu, 16 April 2014, Zaki mengungkapkan empat makanan yang sering menjadi penyebab alergi.

Susu

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Alergi terhadap susu terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi laktase enzim yang diperlukan untuk mencerna gula dalam susu. Sehingga produk-produk susu seperti yoghurt, keju, mentega putih, dan krim harus dihindari jika tubuh tidak memiliki toleransi terhadap laktosa.

Gandum

Gandum memiliki protein yang dapat menyebabkan bereaksinya sistem kekebalan tubuh. Beberapa orang memiliki reaksi terhadap pencernaan setiap kali protein gluten tertelan. Gejala yang ditimbulkan akibat alergi gandum adalah kram, mual, dan muntah-muntah.

Telur

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Berbagai gejala dari alergi telur dapat timbul, seperti: merah pada kulit dan gatal-gatal, muntah, sampai saluran hidung meradang. Ini karena protein pada telur menyebabkan alergi.

Kacang

Anak-anak biasanya lebih alergi terhadap kacang. Gejala umum yang ditimbulkan seperti reaksi pada kulit dan pencernaan, juga gangguan pernafasan. (eh)

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024