Studi: Dunia Maya Ampuh Kurangi Depresi Lansia

Ilustrasi orangtua internet
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya
- Internet diciptakan tanpa pandang usia. Siapapun berhak merasakan manfaatnya, baik tua maupun muda. Namun bagi lansia, internet punya fungsi lebih dari sekadar memperlancar komunikasi.

Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Penelitian mengatakan, lansia yang gemar mengoperasikan internet dapat dengan mudah memerangi depresi. Di Amerika Serikat, sekitar 10 juta orang tua menderita depresi karena kesepian dan terisolasi.
Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura


Studi yang dilakukan oleh Shelia Cotten dari Michigan State University itu pun meneliti ribuan pensiunan selama enam tahun. Ditemukan, internet dapat mengurangi tekanan hidup lansia lebih dari 30 persen.


“Itu efek yang sangat kuat. Mereka membutuhkan komunikasi di jejaring sosial agar tidak merasa kesepian,” kata Cotten. Survei itu yang terbesar dan paling komprehensif di antara penelitian sejenisnya.


Studi sebelumnya hanya menyatakan, internet membantu orang mengatasi depresi. Namun dalam studi terbaru, peneliti bisa mengukur tingkat depresi peserta sebelum dan sesudah menggunakan internet.


“Penggunaan internet terus mengurangi depresi, bahkan mengendalikan depresi agar tidak kembali,” lanjut Cotten, seperti dikutip dari laman
Daily Mail
.


Lebih jauh diungkapkan, duduk terus-menerus di depan komputer untuk menuntaskan pekerjaan sehari-hari memang berdampak negatif. Tapi bersenang-senang dengan internet, meningkatkan kesejahteraan.


Dari studi itu, diharapkan para lansia mau mempelajari internet demi kebaikan hidup mereka. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya