Studi: Ayah Muda Berisiko Mengalami Gejala Depresi

Ilustrasi ayah dan bayi
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Selama ini, kasus depresi usai kelahiran anak diketahui lebih banyak menimpa para ibu. Depresi tersebut dikenal dengan nama Postpartum depression (PPD).

Namun menurut penelitian terbaru, gejala depresi juga muncul pada pria yang menjadi ayah di usia 20-an dan hidup bersama anak mereka. Gejala depresi cenderung muncul pada lima tahun pertama kehidupan anak.

Meski demikian, ilmuwan menegaskan bahwa penemuan tersebut tidak serta merta menyimpulkan bahwa ayah muda rentan depresi secara klinis. Studi tidak membuktikan bahwa menjadi ayah di usia muda bisa menyebabkan depresi, melainkan menunjukkan keterkaitan antara keduanya.

"Hal ini memperlihatkan kepada kita periode waktu di mana ayah akan mengalami peningkatan risiko," ujar salah seorang peneliti sekligus profesor pediatri dari Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, Dr Craig Garfield seperti dilansir laman Healthday.

Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa 5-10 persen pria yang baru menjadi ayah mengalami depresi klinis setelah bayi lahir. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa ketika sang ayah mengalami depresi, anak cenderung memiliki masalah perilaku dan kemampuan bahasa serta membaca yang lemah.

Untuk penelitian ini, Garfield dan peneliti lainnya menggunakan data dari proyek yang sudah berjalan lama. Proyek pada tahun 1990-an itu melibatkan 20.000 remaja di Amerika Serikat (AS). Setiap beberapa tahun, para partisipan menyelesaikan 10 pertanyaan tentang gejala depresi.
 
Sepertiga dari 10.600 pria muda dalam penelitian tersebut tercatat telah menjadi ayah di usia 24-32 tahun. Peneliti pun menemukan bahwa skor depresi ayah mengalami pergeseran yang jelas dari waktu ke waktu.

Skor depresi para ayah yang hidup dengan anak rata-rata meningkat 68 persen selama lima tahun pertama kehidupan anak-anak mereka. Sementara ayah yang tidak tinggal bersama anak memperlihatkan tren berbeda. Gejala depresi mereka naik usai sekolah menengah atas dan mulai menurun setelah menjadi ayah.

Lantas mengapa beberapa pria mengalami depresi usai bayi dilahirkan? "Kami benar-benar belum mengerti alasannya," ujar Garfield.

Meski studi tidak menyatakan bahwa menjadi ayah di usia muda bisa menyebabkan gejala depresi, para peneliti menilai bahwa penelitian ini penting agar kesehatan mental ayah lebih diperhatikan.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

"Mengasuh anak adalah pekerjaan tim dan memahami bagaimana transisi pria menjadi seorang ayah juga penting," ucapnya.

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024