Batu Kalsium Ditemukan di Otak Pria Ini

Batu kalsium di otak
Sumber :
  • The New England Journal of Medicine

VIVAlife - Jangan menyepelekan sakit kepala yang tak kunjung sembuh. Seorang pria asal Brasil yang mengalami sakit kepala dan masalah penglihatan ternyata memiliki batu kalsium di otaknya.

Mulanya, pria yang tidak disebutkan namanya itu mengeluh sakit kepala dan mengalami masalah penglihatan. Pria itupun dirawat karena masalah migrain. Namun tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

Setelah itu, ia menjalani CT Scan atau pemindaian. Seperti dilansir laman Live Science, dokter akhirnya menemukan batu kalsium di bagian belakang otaknya.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Hasil tes menunjukkan bahwa pria tersebut kekurangan zat besi dan mengalami penyakit celiac. Hal ini terlihat dari cairan pada otak pria yang mengandung antibodi yang terkait dengan penyakit celiac.

Secara medis, celiac merupakan kondisi yang disebabkan sistem kekebalan tubuh beraksi terhadap gluten -protein yang ditemukan dalam gandum. Ketika seseorang dengan penyakit celiac menyantap gluten, sistem kekebalan tubuh mereka beraksi dengan merusak lapisan usus kecil dan menghentikan tubuh menyerap nutrisi.

Kasus yang dilaporkan dalam New England Journal of Medicine ini mendukung penelitian sebelumnya bahwa 60 persen pasien celiac juga mengalami gejala-gejala neurologis. Usai menjalani pola makan bebas gluten dan mengonsumsi tablet zat besi, serta obat epilepsi, kondisi sang pria perlahan membaik.

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

Sementara itu, para dokter yang merawat pria tersebut di University of Sao Paulo mengatakan, tidak jelas bagaimana celiac bisa menyebabkan penumpukan batu di otak. Namun, salah satu teori yang muncul adalah ketidakmampuan menyerap zat besi.

Sumber: Daily Mail

Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024