Studi: Tertawa Tingkatkan Memori Jangka Pendek

Yoga tertawa
Sumber :
  • REUTERS/ Kham

VIVAlife - Pernah kesulitan dalam mengingat di mana meletakkan benda-benda penting? Tak perlu bingung. Tertawa saja karena humor ternyata mampu meningkatkan memori jangka pendek pada orang dewasa menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Dalam studi yang dilakukan di Loma Linda University di California selatan, diteliti sebanyak 20 orang dewasa yang normal dan sehat. Sebagian dari mereka diharuskan menonton sebuah video lucu selama 20 menit sementara sebagian lainnya dibiarkan duduk tenang tanpa menonton video.

Setelah 20 menit, para peneliti mengumpulkan sampel saliva dari kedua grup tersebut untuk menganalisis hormon stres. Hasilnya, grup orang dewasa yang menonton video lucu memiliki skor tes memori jangka pendek yang lebih tinggi. Menurut peneliti, tingkat hormon stres, kortisol, menurun dalam tubuh orang-orang yang berada di grup tersebut.

"Kemampuan belajar dan kemampuan otak dalam berpikir semakin menurun seiring bertambahnya usia. Tertawa bersama teman-teman atau menonton humor di televisi dapat membantu masalah ini," ucap penulis studi Dr. Gurinder S. Bains seperti dilansir laman Abcnews.

Semakin rendah tingkat stres, semakin baik memori otak yang Anda miliki. Demikian kata para peneliti. Menurut peneliti Dr. Lee Berk, humor mampu menurunkan hormon stres, tingkat tekanan darah dan meningkatkan suasana hati seseorang.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi

Ia juga mengatakan bahwa tertawa atau menikmati humor mampu meningkatkan endorfin, mengirimkan dopamin ke otak untuk memberikan rasa bahagia.

Selanjutnya, hal itu pun berdampak pada membaiknya sistem kekebalan tubuh dan meningkatnya aktivitas gelombang otak yang disebut "frekuensi gamma" sehingga membuat seseorang mampu mengingat dengan baik.

Ingin menurunkan tingkat stres?

"Mulailah lebih banyak tertawa setiap hari. Ini akan meningkatkan kualitas hidup Anda," ujar Bains. (eh)

Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024