KONSULTASI: Sering Bersin Pertanda Alergi Debu dan Cuaca?

Ilustrasi hidung penciuman
Sumber :

VIVAlife - Alergi tak hanya terjadi karena perubahan cuaca. Alergi juga bisa disebabkan debu dan bulu hewan. Simak selengkapnya soal penyebab alergi dalam tanya jawab dr. Rahajeng A.P dengan pembaca VIVAlife berikut ini.

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Tanya:

Nama saya Lala, umur 21 tahun. Saya ingin bertanya, saya selama berkuliah di Malang sering bersin-bersin dan ingusan yang tak kunjung berhenti. Saya sudah banyak menghabiskan lembar tisu untuk menarik ingus saya yang suka tersumbat.

Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Mau Hapus Jejak?

Apabila tidur malam, cairan ingus tidak berbentuk tetapi lendir putih yang akan keluar sendirinya. Saya sudah pernah ke dokter, tetapi saya hanya diberikan obat karena kata dokter saya mengalami alergi debu dan cuaca karena sebelumnya saya belum pernah mengalami hal ini di kota kelahiran saya di Kalimantan yang begitu panas.

Akhir-akhir ini hidung saya tiap pagi tersumbat dan ketika saya menarik ingus tersumbat ini akan mengeluarkan lendir putih dan satu titik darah. Apakah ini benar hanya alergi debu dan cuaca? Terima kasih.

Pakai Adidas Samba, PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Hingga Sampaikan Permintaan Maaf, Kenapa?

Jawab:

Selamat sore Lala. Gejala seperti itu memang terjadi pada alergi. Alergi bisa terjadi pada perubahan cuaca terutama bila suhu agak dingin atau di pagi dan malam hari. Tapi bisa juga karena alergen seperti debu dan bulu hewan. Titik-titik darah itu disebabkan oleh pembuluh darah kecil yang ada di hidung.

Pembuluh darah tersebut memang lebih rapuh dibanding pembuluh darah lain. Titik darah itu muncul karena Anda sering bersin dan membuang ingus. Saya sarankan minum obat anti alergi untuk mengurangi gejala. Semoga bermanfaat.

dr. Rahajeng A.P

Meetdoctor



Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id

Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya