Berburu Produk Batik dan Kerajinan Tangan di Inacraft 2014

Batik di Inacraft
Sumber :
  • VIVAnews/Tasya Paramitha

VIVAlife - Pameran kerajinan tangan internasional Jakarta, atau yang dikenal dengan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2014, memasuki hari keempat. Tahun ini, Inacraft mengusung ikon produk sentuhan kekayaan budaya Jawa Tengah sebagai tema utama.

Pameran tahunan yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta itu dibuka sejak tanggal 23 dan akan berlangsung sampai 27 April 2014 besok.

Pameran tersebut juga diikuti 1.600 perusahaan berskala kecil dan menengah (UKM) serta produsen dan pengusaha handicraft dari berbagai daerah di Indonesia yang menempati 1.290 kios di area pameran seluas 25.070 meter persegi.

Sebanyak 1.290 kios tersebut terdiri dari 698 swasta, 450 dinas dan 137 Badan Usaha Milik Negara. Tak hanya itu, ada pula peserta dari Irak, Vietnam, Hong Kong, dan Dubai.

Produk yang dijual sangat beragam. Yang paling banyak terlihat yakni kain tradisional Indonesia seperti batik Lasem, batik Madura, batik Yogyakarta, tenun Jepara, songket Palembang, kain rang rang Bali, selendang Bukit Tinggi dan masih banyak lagi. Harga kain-kain batik dipatok mulai dari Rp60 ribu hingga jutaan.

"Banyak kios yang memberi penawaran menarik untuk kain-kain batik seperti potongan harga hingga penawaran harga Rp200 ribu untuk tiga buah kain batik," ujar Lien, salah seorang pengunjung Inacraft kepada VIVAlife, Jumat, 25 April 2014.

Pengunjung juga dapat membeli kain songket meteran di sejumlah kios yang harganya mulai dari Rp45 ribu hingga Rp350 ribu per meter.

Selain kain-kain tradisional, banyak pula kriya atau kerajinan tangan cantik berupa perlengkapan rumah tangga seperti tempat tisu, taplak meja, seprai hingga aksesoris, sepatuĀ  serta tas-tas tenun dan batik dari eceng gondok berharga jutaan.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Pengunjung Membludak

Pantauan VIVAlife, hingga pameran tersebut tutup pada pukul 21.00 malam kemarin, Jumat 25 April 2014, masih sangat banyak pengunjung yang asyik berbelanja.

Kebanyakan dari mereka adalah para ibu-ibu dan wanita muda yang umumnya mencari kain atau baju batik. Kawasan Gelora Bung Karno Senayan pun terpantau macet.

Diperkirakan pengunjung akan lebih membludak di hari Sabtu 26 April dan Minggu 27 April 2014 dimana merupakan hari terakhir pameran.

"Biasanya kalau hari terakhir banyak kios yang menawarkan diskon lebih tinggi," ujar Lien yang mengaku selalu berkunjung ke Inacraft setiap tahunnya. (ren)

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024