Survei: Berjalan Dapat Menumbuhkan Kreatifitas

Pasangan lansia jalan kaki.
Sumber :
  • Jalan Kaki

VIVAlife - Pasti ada dampak buruk apabila keseharian kita hanya bekerja di kursi yang menghadap dinding. Keluhan yang paling sering diungkapkan adalah kejenuhan.

Di samping itu, ternyata ada pula dampak yang tidak banyak orang sadari. Salah satunya ialah mandeknya kreatifitas dalam diri.
 
Hasil beberapa survei membuktikan, bahwa olahraga, ataupun hanya berjalan saja, mendorong manusia untuk lebih kreatif. Tetapi, di sini perlu dikerucutkan kembali. Berjalan yang dimaksud adalah berjalan di luar ruangan. Dibelai lembut angin. Dibungkus udara bebas. Hijau daun menghias retina.

Dikutip dari laman Huffington Post, Sabtu 26 April 2014, Universitas Stanford, Amerika Serikat yang baru-baru ini melakukan penelitian tersebut. Riset ditempuh dengan menguji 176 orang. Walhasil, mereka lebih kreatif dalam memberikan jawaban ketika berjalan, daripada ketika duduk dihadapan dinding.
 
"Berjalan memiliki efek besar terhadap kreatifitas. Hampir semua peserta lebih kreatif ketika berjalan dibanding duduk, dan rata-rata peningkatan kreatifitasnya pun sekitar 60 persen," ujar Daniel L. Schwartz.

Pernyataan itu tertulis di Jurnal Eksperimen Psikologi: Penelitian Belajar, Ingatan dan Pengetahuan.

Tahun lalu, Universitas Leiden, Belanda juga telah menyimpulkan hasil yang tergolong sama. Menurut laman Huffington Post, kala itu tim peneliti menyatakan bahwa orang yang berolah raga teratur cenderung jauh lebih kreatif, dibanding yang tidak.

"Kami berpikir bahwa latihan fisik melatih otak Anda untuk menjadi lebih fleksibel dalam mencari solusi kreatif," ungkap Ketua Tim Peneliti, Lorenza Colzato.
 
Universitas Utah, Amerika Serikat juga mengungkapkan, hal yang tak jauh berbeda. Sesuai dengan riset yang dilakukan pada 2012 silam, istirahat di alam bebas juga berperan dalam peningkatan kreatifitas. (ren)

Penerbangan Dibatalkan Imbas Banjir, Shandy Aulia Tertahan di Dubai

Laporan: Bima Wiwaha

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Akhir pekan lalu Iran melayangkan serangan balasan terhadap Israel usai menyerang konsulat Iran di Suriah. Kini, ada beberapa negara yang menjadi sekutu Iran jika perang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024