Terungkap, Mengapa Desa Lebih Sehat dari Kota

Ilustrasi wanita terpapar sinar matahari
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Pedesaan sering menjadi alternatif destinasi berlibur ketika hiruk-pikuk perkotaan membuat jenuh. Udaranya yang sejuk, tenang, dan bebas dari polusi menjadi alasan.

Hijaunya pedesaan memang mampu menenangkan pikiran dari penatnya pekerjaan dan kepadatan Ibukota. Para peneliti juga menemukan, suasana pedesaan juga bermanfaat bagi kesehatan.

Kali ini alasannya bukan udara bersih, melainkan justru mikroba. Ilmuwan menemukan, mikroba yang berkembang di pedesaan dapat mengurangi risiko asma, alergi, dan gangguan inflamasi kronis lainnya.

Mengutip Daily Mail, peneliti menilai orang-orang yang terlalu lama hidup di perkotaan kurang memiliki akses ke ruang hijau. Akibatnya, mereka tidak mendapatkan mikroba dalam jumlah yang cukup.

Itulah yang menyebabkan terjadinya peradangan kronis akibat disfungsi sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan bekerja dengan benar, tubuh akan memicu peradangan untuk melawan infeksi berbahaya. Normalnya, peradangan itu akan menghilang seiring menghilangnya infeksi.

Namun jika tubuh mengalami gangguan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh, tingkat peradangan untuk bertahan akan jauh lebih rendah. Akibatnya, tubuh akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan.

“Peradangan kronis dapat menyebabkan semua jenis masalah dari sindrom iritasi, usus, asma, alergi bahkan depresi,” kata Christopher Lowry, seorang profesor di University of Colorado Boulder bidang Fisiologi Integratif.

Terlalu bersih

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Hipotesis yang dilakukan para ilmuwan menyebutkan, peningkatan peradangan kronis di negara-negara maju terhubung pada gaya hidup yang telah menjadi terlalu bersih.

Itu didasarkan pada gagasan bahwa beberapa mikroba dan infeksi berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh untuk menekan peradangan dan menghilangkan hal-hal yang bahaya bagi kesehatan.

Para ilmuwan di University College London dan University of Arizona setuju, mikroba dan beberapa jenis infeksi penting bagi tubuh. Mereka menjaga sistem kekebalan tubuh dari peradangan, seperti yang terjadi ketika muncul serangan asma dan reaksi alergi.

Sayangnya di negara-negara maju, infeksi yang penting itu justru dihilangkan atas nama gaya hidup yang terlalu bersih.

Namun, bukan berarti orang-orang harus mulai meninggalkan gaya hidup bersih. Sebab bagaimanapun perkotaan tidak memiliki ruang hijau sebanyak pedesaan.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024