Kematian Mengejutkan Sutradara Pemenang Oscar

Malik Bendjelloul
Sumber :
  • REUTERS/Anders Wiklund/TT News Agency/Files
VIVAlife
Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt
- Sutradara pemenang Piala Oscar, Malik Bendjelloul, dikabarkan meninggal dunia di Stockholm, pada Selasa malam, 13 Mei 2014. Meski demikian polisi enggan memberikan detail soal kematian pria berusia 36 itu.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

"Apa yang bisa saya katakan adalah bahwa tidak ada kecurigaan kejahatan apa pun yang terlibat," ujar salah seorang polisi, Pia Glenvik, seperti dilansir kantor berita
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
Reuters .


Bendjelloul mulai tersohor setelah sukses meraih Piala Oscar pada tahun 2013 lalu, untuk kategori  film dokumenter terbaik lewat film
Searching for Sugar Man
. Film mengisahkan perjalanan dua jurnalis Afrika Selatan yang mencari penyebab hilangnya seorang penyanyi bernama Sixto Rodriguez.


Film garapan Bendjelloul ini bagaikan mengikuti sebuah misteri di mana Rodriguez yang merupakan penyanyi Amerika tidak pernah meraih ketenaran di negaranya sendiri. Namun, ia justru populer dan bepengaruh di Afrika Selatan tanpa sepengetahuannya.


Selain mendapatkan Piala Oscar, film
Searching for Sugar Man
juga meraih penghargaan di Sundance Film Festival. Selama hidupnya, Bendjelloul pernah menyutradarai beberapa film dokumenter televisi mengenai penyanyi Elton John, Rod Stewart, Bjork, dan pelopor musik elektronik Jerman, Kraftwerk.


Kematian Bendjelloul tak pelak mengejutkan komunitas film di Swedia. Pasalnya, Bendjelloul dinilai sebagai sutradara yang bertalenta dan eksis. Sementara itu, ucapan duka juga datang dari distributor film
Searching for Sugar Man,
Sony Pictures Classics.


"Kami sangat sedih mendengar meninggalnya Malik Bendjelloul," ujar Sony Pictures Classics dalam sebuah pernyataan. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya