Mengenang Seabad Ismail Marzuki

Pusat Kesenian Taman Ismail Marzuki
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAlife
Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria
- Dalam waktu dekat ini, kita akan disuguhi rangkaian acara spesial, untuk mengenang maestro ternama negeri ini.
Ya
Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy
, dia adalah Ismail Marzuki, seniman berdarah Betawi yang juga pahlawan nasional Indonesia.
Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Bulan Mei tahun ini bertepatan dengan hari lahir komposer dan penulis lagu-lagu legendaris itu, yakni 11 Mei 1914. Maka Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah DKI Jakarta ingin memberikan suatu penghargaan sekaligus perayaan satu abad Ismail Marzuki.


"Mal-mal akan memutar lagu-lagu Ismail Marzuki. Itu sebuah usaha yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, dalam rangka memperingati 100 tahun Ismail Marzuki," ujar Kepala Disbudpar DKI Jakarta, Arie Budiman dalam konferensi pers di Taman Ismail Marzuki, Selasa, 20 Mei 2014.


Vokalis band Slank, Kaka, yang juga hadir, turut memberikan kesan-kesannya. "Saya sangat
excited ya
. Selain momentum, kalau
nggak
ada pendahulu kita,
nggak
akan ada anak band zaman sekarang. Slank hari ini sudah pasti dipengaruhi oleh para pendahulu," ucap Kaka.


Barang-barang peninggalan Ismail Marzuki akan dipamerkan di Foyer Area Teater Kecil Taman Ismail Marzuki pada 22-24 Mei 2014. Tujuannya, agar masyarakat dapat lebih mengenal dan mengetahui proses pembuatan karya-karyanya.


Selain itu, kita pun dapat menyaksikan operet
Ismail Marzuki Sang Pahlawan
, pada tanggal 22 Mei. Pemeran utamanya ialah Niken Flora Rinjani. Maudy Koesnaedi, Aning Katams, dan Ecky Lamoh juga turut berlakon di dalamnya.


Kompetisi Paduan Suara Mahasiswa diadakan pada tanggal 23 Mei. Para peserta akan menyanyikan lagu-lagu Ismail Marzuki. Lalu, posisi juri akan diisi oleh Aida Swenson Simanjuntak, Trie Utami dan Obby A. R.


Pada tanggal 24 Mei, yakni puncak dari rangkaian acara, akan digelar sebuah pentas musik yang megah. Slank, Ikke Nurjanah, Sundari Sukotjo, Ubiet, Diah Iskandar, Ecky Lamoh, dan Michael Jakarimilena ikut mengisi acara tersebut. Violinis asal Prancis, Nicolas Dautricourt tidak ketinggalan turut tampil. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya