Ini Kekuatan Tersembunyi Wanita

Ilustrasi wanita poni
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Tak banyak yang tahu tentang kekuatan super yang dimiliki wanita. Pasalnya, selama ini kerap dianggap sebagai kaum yang lemah. Meski terkadang cengeng, wanita memiliki hati yang kuat dan tangguh. Bahkan menurut penelitian, di balik fisiknya yang lemah, wanita memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kaum pria.

Seperti apa? Berikut daftarnya seperti dilansir laman List Verse:

Dapat mencium adanya perselingkuhan

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Wanita memiliki kemampuan luar biasa untuk mengetahui apakah seorang pria itu penipu atau bukan, hanya melalui sebuah foto. Ketika para ilmuwan dari Universitas Autralia meminta 34 wanita untuk melihat foto puluhan pria dewasa dan mengidentifikasi mana yang tidak setia, mereka berhasil menjawabnya dengan tepat.

Mengenal banyak warna

Menurut seorang ilmuwan, Israel Abramov, wanita dapat melihat perbedaan warna lebih jeli ketimbang pria. Setelah mempelajari penglihatan manusia selama setengah abad, pria memang memiliki kelebihan melihat benda yang bergerak melintas lurus, sedangkan perempuan memiliki kemampuan lebih baik dalam mengidentifikasi perbedaan meski warna tersebut telah tercampur dengan warna lain, seperti pelangi. Karena itulah, mata wanita lebih mudah mendeteksi warna dan memilah-milah karena mereka lebih sering berdiam diri di dalam lingkungannya.

Peka terhadap bahaya

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 dari Kyoto Universitas yang dilakukan oleh Nobuo Masataka dan Masashiro Nabasaki, menyebutkan bahwa wanita mempunyai kemampuan seperti indra keenam yang dapat mendeteksi bahaya di sekitarnya. Saat progesteron meningkat di tubuh, ini menjadi tanda jika seorang wanita sedang bersiaga terhadap bahaya yang ada di sekitarnya. Hal ini dibuktikan dengan wanita yang sedng hamil, dia akan secara tidak sadar, meminimalisir terjadinya kecelakaan, baik yang berbahaya untuk dia atau bayinya.

Sistem Imun lebih kuat

Menurut penelitian di Ghent University, kromosom X yang dimiliki wanita memiliki microRNA yang lebih tinggi dibanding pria. MicroRNA adalah sistem imun yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan Profesor Katsuiku Hirokawa, karena sistem imun yang tinggi tersebut, maka wanita juga lebih tahan infeksi dibanding dengan lelaki.

Multitasking

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Ini bukanlah rahasia umum jika wanita merupakan seorang yang multitasking. Dari sebuah penelitian terungkap bahwa ketika pria dan wanita diminta untuk melakukan banyak hal dengan waktu yang bersamaan, pria lebih lambat dalam mengerjakan tugasnya. Sedangkan wanita lebih sigap.

Stres buat wanita lebih empati

Dalam studi yang diterbitkan di 2014, di bawah rasa stres wanita cenderung akan mendekatkan diri pada orang, berbeda dengan pria yang cenderung bersifat egois dan tidak dapat memahami orang di sekitarnya. Peneliti menjelaskan, hal ini dipicu karena wanita selalu meminta pertolongan pada orang lain di masa sulit tidak seperti pria. Di samping itu tingginya oksitosin di tubuh wanita, membuat mereka lebih ramah pada sesama di kala stres.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024