Diciptakan, Alat Cek Gula Darah Mandiri

Diabetes
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife -
Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024
Kemajuan teknologi dalam dunia kesehatan saat ini telah memungkinkan banyak orang dapat memeriksa beberapa kondisi kesehatan sendiri di rumah. Bahkan, sekarang Anda pun dapat memeriksa tingkat gula darah sendiri.

Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Ya, baru-baru ini diluncurkan alat pendeteksi kadar gula darah dalam tubuh mandiri yang dinamakan Accu-Chek Active. Menurut rilis yang diterima
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas
VIVAlife , Jumat, 23 Mei 2014, alat yang diproduksi oleh Roche Indonesia ini diperuntukkan bagi para pasien diabetes untuk memonitor kadar gula darah sehari-hari.


“New Accu-Chek® Active ini merupakan terobosan baru dari Accu-Chek® yang smart karena menghasilkan informasi yang jelas dan akurat; simple karena alat ini mudah digunakan, aman, dan memiliki teknologi yang canggih,” papar Jopie Leksmana,
Business Unit Head Diabetes Care
, PT Roche Indonesia.


Ia menambahkan, New Accu-Chek® Active memberikan fasilitas bagi para diabetisi untuk dapat melakukan SMGD terstruktur, karena memiliki empat manfaat dalam melakukan deteksi gula darah.


Manfaat-manfaat tersebut antara lain mudah digunakan karena memiliki layar yang lebih besar, dan dua tombol untuk mendeteksi gula darah serta data yang dapat ditransfer ke komputer dengan kabel USB.


Selain itu, alat ini aman dengan proses deteksi kekurangan sampel darah dan opsi sampling ulang dalam 10 detik yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan sampel darah jika volume sampel darahnya belum mencukupi.


Alat tersebut juga dapat membedakan hasil pengetesan glukosa darah sebelum dan sesudah makan, alarm pengingat deteksi gula darah kembali dua jam setelah makan dan hasil rata-rata tes hingga 90 hari.


Hasilnya pun akurat karena sangat mendekati tes laboratorium. Hanya menggunakan sedikit volume sampel darah, dan teruji keakuratannya telah memenuhi standar internasional ISO 15197.


“Monitor gula darah mandiri, atau yang dikenal dengan Swa-Monitoring Glukosa Darah (SMGD) terstruktur adalah pemeriksaan gula darah secara mandiri untuk memantau kadar gula darah dalam waktu tertentu agar tetap terkontrol dengan baik untuk menghindari terjadinya komplikasi diabetes,” ujar dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD, FINASIM, selaku staf divisi Metabolik Endokrin, Departemen IPD FKUI/RSCM. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya