Profil Lengkap di Facebook Pertanda Kesepian?

Jejaring sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files
VIVAlife
Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala
- Profil Facebook ternyata mampu mengungkap beberapa hal yang cukup mencengangkan. Menurut studi terbaru, pengguna Facebook yang mengisi lengkap profil pribadinya ternyata merasa kesepian.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Dalam studi yang dilakukan Yeslam Al-Saggaf dan Sharon Nielsen dari Charles Sturt University, pengguna yang kesepian lebih cenderung mengisi profil pribadi mereka, seperti status hubungan dan hobi dibandingkan pengguna yang tidak kesepian.
Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali


Kepada
The Huffington Post,
Al-Saggaf juga mengungkapkan bahwa pengguna yang kesepian cenderung tidak membagi informasi soal pandangan politik serta agama mereka karena khawatir hal tersebut tidak populer.


"Di sisi lain mereka membagi status hubungan, alamat, ketertarikan, hobi, hal-hal favorit, sehingga orang yang berpikiran sama atau yang tinggal berdekatan bisa mendekati mereka, dan memungkinkan mereka untuk meminimalkan perasaan terisolasi," ujar Al-Saggaf.


Dalam studi yang diterbitkan di C
omputers and Human Behavior
ini, Al-Saggaf dan Nielsen membatasi subjek mereka hanya pada 616 pengguna Facebook wanita. Meski semua partisipan dari kaum hawa, keduanya menyatakan bahwa jenis kelamin tidak berpengaruh pada hasil penelitian.


Al-Saggaf menyatakan bahwa studi ini hanya sebagian dari penelitian kedua mereka yang melihat bagaimana
data mining
bisa mengancam privasi pengguna Facebook wanita.


Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lebih dari 79 persen pengguna Facebook yang kesepian cenderung berbagi informasi pribadi. Sementara itu, kurang dari 65 persen pengguna yang tidak merasa kesepian melakukan hal yang sama. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya