Tren Seleb Bertato

Borneo Festival
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus
VIVAlife
Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP
- Bagi sebagian orang, tato adalah bentuk seni yang memperlihatkan ekspresi kebebasan. Dengan torehan tinta yang membentuk gambar tertentu di atas kulit, tato dianggap simbol identitas diri pemiliknya.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan

Menurut para ahli sejarah, seni tato sebenarnya telah ada sejak tahun 12.000 Sebelum Masehi. Kala itu, tato merupakan bagian dari ritual khusus bagi suku-suku kuno di dunia. Sejarah mencatat, bangsa Mesir memiliki andil besar dalam menyebarluaskan seni tato ke seluruh dunia mulai dari Yunani, Persia dan Arab.
Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot


Sebutan tato sebagai seni lukis tubuh berasal dari kata " tatu " yang dalam bahasa Tahiti memiliki arti "tanda." Tak heran karena jaman dahulu tato digunakan sebagai penanda status atau identitas seseorang.

Bagi bangsa Yunani Kuno, misalnya, tato adalah tanda bagi mata-mata perang mereka. Sedangkan di Romawi, tato menjadi penanda golongan kelas bawah atau budak. Berbeda pula dengan bangsa China kuno yang memakai tato sebagai penanda seseorang yang pernah masuk penjara.

Di Indonesia sendiri, tato bukan lah hal yang asing. Suku-suku tradisional yang tersebar di penjuru nusantara seperti di kepulauan Mentawai, suku Dayak di Kalimantan dan suku Sumba di NTB sudah sejak lama mengenal tato.

Biasanya, tato dibuat dengan melakukan ritual yakni upacara adat tertentu tergantung makna tato tersebut seperti masyarakat suku Dayak yang ditato setelah berhasil memenggal kepala musuhnya.

Apa pun itu, tato kini telah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat dunia. Jika dulu tato identik dengan predikat preman atau nakal, saat ini pria bertato justru dianggap macho dan 'jantan'. Begitu pula dengan wanita bertato di jaman sekarang yang lantas disebut seksi dan sensual.

Gaya hidup ini sebenarnya dipopulerkan oleh para selebriti. Mulai dari selebriti dunia hingga lokal ramai-ramai menghiasi tubuh molek mereka dengan rentetan tato bergambar khusus yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Rihanna

Ialah gambar dua not balok yang menjadi tato pertama yang dimiliki penyanyi seksi Rihanna pada tahun 2006 silam. Sejak itu, mantan kekasih Chris Brown itu seakan tak bisa berhenti menghias tubuhnya dengan tato.


Belasan tato menempel di tubuh pelantun tembang 'Umbrella' itu. Mulai dari burung elang Mesir yang menggantikan tato dua not balok, tato bertuliskan kata 'Shhh' di jemari tangannya, kata 'Love' di jari tengahnya hingga tato bergambar Dewi Mesir, Isis di bawah payudaranya.


"Saya senang berada di
Tatoo shop
," ujar Rihanna dalam sebuah wawancara.


Hobinya hang out di tempat tato lantas membuat tato di seluruh tubuhnya kian bertambah setiap tahunnya seperti tato bergambar barisan bintang di belakang lehernya, tato pistol di bawah ketiak kirinya dan tato inskripsi dalam bahasa Sansekerta yang berarti 'Memaafkan, Kejujuran, Supresi dan Kontrol' yang berada di pinggul kanannya.


Tatonya yang paling baru adalah tato berdesain Maori tradisional karya seniman berbasis di New York, Keith McCurdy dan Cally Jo.


Angelina Jolie


Banyak menganggap wanita bertato adalah wanita yang seksi dan Angelina Jolie adalah salah satu buktinya. Ya, kekasih Brad Pitt ini telah menghias tubuhnya dengan tato sejak usia muda.


Kala ia masih menjalin hubungan asmara dengan Billy Bob Thornton, ia pernah menato lengan kirinya dengan tato bertuliskan 'Billy Bob Thornton' dan gambar ular.


Namun, ibu enam anak itu kini telah menggantinya dengan tato berbentuk seperti peta yang menggambarkan tempat kelahiran para buah hatinya yaitu Kamboja (Maddox), Ethiopia (Zahara), Namibia (Shiloh), Vietnam (Pax) dan Prancis (Knox dan Vivienne).


Tak hanya itu, aktris film
Maleficent
ini juga memiliki tato bertuliskan “Know Your Rights” (Ketahui hak-hakmu) dalam huruf-huruf gothic di bagian belakang lehernya. Namun, tato yang paling berharga baginya ialah tato inskripsi Buddha lambang perlindungan yang didedikasikan untuk anak pertamanya, Maddox.


Tato tersebut dibuat dengan teknik menato tradisional Thailand oleh seniman tato bernama Nop Sompong.


Seniman tersebut juga orang yang menato harimau Bengal di punggung bagian bawah Jolie pada tahun 2004 lalu. Kala itu, Jolie harus diam dalam posisi berlutut selama berjam-jam saat ditato.


Miley Cyrus


Mantan aktris cilik yang kini telah beranjak dewasa ini memiliki kurang lebih 20-an tato di seluruh tubuhnya. Mulai dari bagian leher hingga telapak kaki. Yang pertama ia miliki bertuliskan 'Just Breathe' tepat dibawah payudaranya. Tato tersebut ia buat untuk mengenang sang sahabat, Vanessa serta kakeknya yang sama-sama meninggal dunia karena kanker paru.


"Itu mengingatkan saya untuk tidak menyia-nyiakan kesehatan paru-paru, Bagi mereka berdua, bernafas adalah hal yang sulit padahal itu merupakan hal paling utama dalam hidup," ujar mantan kekasih Liam Hemsworth itu.


Tato kedua Cyrus bertuliskan kata 'Cinta' di bagian telinga kanannya.


"Anda hanya dapat mendengar kata-kata dari mereka yang benar-benar mencintai Anda," jelasnya saat ditanya makna tatonya tersebut.


Cyrus juga memperlihatkan bahwa ia adalah pribadi yang dekat dengan keluarga. Itu terlihat dari tato bergambar hati yang berada di jemari tangannya yang ia dedikasikan bagi anggota keluarganya.


Tato-tato lain yang mangkal di tubuh Cyrus beragam mulai dari tato
dreamcatcher
di bagian rusuknya yang merepresentasikan 4 saudara lelaki dan perempuannya, simbol perlindungan dan sebuah pernyataan dari mantan presiden Amerika Serikat, Theodore Roosevelt di punggung tangan yang berbunyi, 'Semoga tempat ini tidak pernah bersama dingin dan malu-malu agar mengenal kemenangan, bukan kekalahan'. Tulisan tersebut merupakan sepotong pidato Roosevelt di Paris pada tahun 1910.


Salah satu tato terbaru pelantun tembang
Wrecking Ball
ini terinspirasi dari Leonardo Davinci bergambar emblem mungil berbentuk dua hati anatomis dalam berbagai sudut pandang yang berbeda. Tato ini merupakan hasil karya seniman tato asal Los Angeles, Kat Von D.


Lady Gaga


Lady Gaga juga tak ketinggalan dalam hal tato. Ia pun beberapa kali mengutip perkataan tokoh dunia sebagai hiasan tubuhnya. Seperti kutipan sastrawan Jerman, Rainer Maria Rilke yang berada di bagian dalam lengannya bertuliskan, 'Di jam-jam terdalam malam hari, akui pada dirimu sendiri bahwa kamu akan mati jika dilarang untuk menulis. Dan lihat kedalam hatimu mengenai jawabannya lalu tanyaian dirimu sendiri. Haruskan saya menulis?'


Tatonya itu ia buat di Osaka, Jepang pada tahun 2009. Beberapa waktu kemudian ia menambahkan tato bertuliskan 'Little Monster' di akhir tato sebelumnya. Hal itu ia lakukan dalam mengekspresikan rasa cintanya pada para penggemar.


Tato lainnya ialah yang berada di pahanya bergambar unicorn dengan tulisan 'Born This Way', tato lambang perdamaian untuk menghormati mendiang John Lennon dan tato lambang hati dengan kata 'Ayah' di dalamnya.


Dalam sebuah wawancara Gaga pernah mengaku bahwa ia hanya akan menato bagian kiri tubuhnya karena sang Ayah meminta sebagian dirinya tetap menjadi Gaga yang polos tanpa tato untuk menunjukkan sisi anak baiknya.


Megan Fox


Aktris cantik yang digemari banyak pria di seluruh dunia ini sangat mencintai puisi. Kecintaannya tersebut pun diabadikan di tubuhnya. Sejumlah quote atau perkataan yang dikutip dari tokoh-tokoh terkenal dunia menghiasi kulit Fox.


Salah satunya ialah quote yang berasal dari King Lear karya sastrawan besar dunia, William Shakespeare bertuliskan 'Kita semua akan menertawakan kupu-kupu emas' yang berada di bahu kanan atas bagian belakang.


"Agar tidak bergantung di Hollywood karena pada akhirnya orang akan menertawakan Anda," ujar Fox saat ditanya arti tatonya tersebut.


Selain itu, ada pula tato bertuliskan 'Dan mereka yang terlihat menari disebut gila oleh mereka yang tidak dapat mendengar musik' di bagian rusuknya yang dikutip dari filsuf Rusia, Friedrich Nietzche.


Di bagian rusuk kirinya, tertulis puisi 'Terdapat seorang anak perempuan yang tidak pernah mengenal cinta hingga seorang anak lelaki mematahkan hatinya'.


Selain puisi, Fox juga memiliki beberapa tato lain seperti simbol kekuatan dalam bahasa Jepang di belakang lehernya yang ia miliki saat berusia 18 tahun setelah putus cinta serta tato bergambar bulan dan bintang di bagian dalam pergelangan kaki. Yang terakhir ini merupakan tato yang ia buat untuk sang Ayah yang selalu membacakan buku cerita anak-anak bergambar bulan dan bintang.


Sedangkan tato yang paling berharga bagi Fox ialah tato pin up Marilyn Monroe hasil karya seniman tato Los Angeles, Mark Mahoney yang juga pernah menato Fred Durst dan Angelina Jolie. Sayangnya tato tersebut telah dihapus oleh Fox karena menurutnya gambarnya telah memudar.


Fahrani


Masing ingat film 'Radit dan Jani'? Jika ya, Anda pasti mengenal Fahrani, model sekaligus aktris yang memerankan peran Jani di film yang juga dibintangi oleh Vino G. Bastian itu.


Sudah bertahun-tahun sejak film tersebut, penampilan Fahrani tampak berbeda. Rambutnya yang dulu indah tergerai sekarang cepak dan tubuhnya semakin dipenuhi tato. Tak heran, ia telah mengoleksi seni lukis tubuh ini sejak umur 15 tahun. Saking banyaknya, Fahrani bahkan tidak ingat jumlah total tato yang menghiasi tubuhnya.


Yang pasti, wanita yang hobi traveling ini mengaku selalu membuat tato di setiap negara yang ia kunjungi.


Seluruh tato yang menempel di tubuhnya, ia bagi menjadi dua bagian yaitu yang ada mulai dari kaki kiri hingga lengan kiri yang ia sebut sebagai “taman”, lalu beberapa tato di bagian kanan tubuhnya ia sebut “koran”.


Di bagian "taman", bersarang tato bergambar binatang mulai dari ikan hingga burung. Ada pula tato bunga mirip kamboja, anggrek serta tulip. Hal ini karena nama Fahrani dalam bahasa China berarti 'Bunga'.


Di bagian lainnya yakni yang disebut "koran" berhiaskan tulisan-tulisan antara lain nama kedua orang tuanya, kata 'faith', 'good times' dan 'without madness around there is no peace within'.


Nikita Mirzani


Nikita Mirzani melengkapi jajaran selebriti lokal yang bertato. Artis yang gemar tampil seksi ini juga hobi memamerkan tato-tato di tubuhnya.


Hingga kini, belasan tato bersarang di tubuhnya. Pertama kali membuat tato pada tahun 2007 silam, Nikita mengaku menjadi ketagihan. Tato favoritnya ialah yang berada di bagian pusar karena menurutnya membuatnya sangat seksi saat berbikini ria.


Ada pula tato tulisan yang cukup besar di bagian dadanya. Namun, pada awal April 2012 ini, tato tersebut telah dihapus demi menyanggupi tawaran bermain di sebuah film. Kala itu, ibu anak satu ini harus melewati empat tahap proses laser untuk menghapus tatonya.


Olla Ramlan

Selebriti Indonesia lainnya yang pernah menghias tubuh mereka dengan tato adalah Olla Ramlan. Hal itu ia lakukan pertama kali pada usia 17 tahun.


Total 13 tato yang dulu pernah hadir di tubuhnya. Walaupun saat ini seluruhnya telah dihapus atas permintaan sang suami, namun belasan tato Olla dulu pernah membuatnya mendapatkan predikat artis bertato seksi.


Tato-tato tersebut antara lain nama sang mantan suami dan nama ibunda, Tisyah Asyarah dalam bahasa Arab.


Model dan aktris cantik beranak satu itu mengaku sejumlah tato yang pernah menghiasi tubuhnya terinspirasi dari sang idola, Victoria Beckham.


"Dulu letak tato-tato saya itu sama dengan letak tato Victoria. Seperti yang di tangan dan punggung," tuturnya kepada
VIVAlife
saat ditemui selepas menghadiri acara yang digelar isteri mantan pesepakbola David Beckham itu di Jakarta. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya