KONSULTASI: Bangun Tidur dengan Kaget, Apa Bahayanya?

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Ada beberapa kasus, tidur tersentak dengan serta-merta karena dibangunkan dengan cara dikagetkan. Itu membuat tubuh terasa tak nyaman. Dada berdebar, bahkan disertai sakit kepala.

Salah satu pembaca VIVAlife mengalaminya. Ia khawatir, membangunkan dengan cara dikagetkan bisa menimbulkan gejala penyakit jantung. Apakah benar cara itu bisa berbahaya bagi tubuh?

Simak konsultasi pembaca VIVAlife berikut dengan dr. Rahajeng A.P.

Tanya:

Saya pernah dibangunkan dari tidur dengan cara dikagetkan. Saya langsung duduk dan berdiri. Tapi, setelah itu keringat dingin saya keluar dan jantung saya berdegup kencang. Napas saya sesak, kepala saya pusing. Kondisi seperti itu baru hilang 30 menit setelah saya menenangkan tubuh.

Ini sering terjadi kepada saya, ada apa? Membangunkan seseorang dari tidur dengan mengagetkan, apakah bisa berbahaya, atau itu hanya terjadi pada orang dengan penyakit jantung tertentu?

Terima kasih atas jawaban dan penjelasannya.

Nadya, 21 tahun

Jawab:

Menurut referensi medis, tidak ada bahaya tertentu bila membangunkan orang yang sedang tidur dengan cara dikagetkan. Rasa berdebar yang muncul, bisa jadi karena efek dari irama circadian (irama yang secara fisiologis terjadi di otak atau jam biologis tubuh) terganggu karena kaget.

Hanya saja, dibangunkan dengan cara dikagetkan memang membuat rasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa berdebar, kadang juga disertai pusing. Dari cerita Anda, sepertinya tidak mengarah ke penyakit jantung tertentu. Penderita gangguan jantung akan mengalami gejala nyeri dada, sesak, berat di dada, serta berdebar-debar.

Semoga bermanfaat.

dr. Rahajeng A.P.

MeetDoctor

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.

Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara soal pertemuan antara Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024