Efek Buruk Konsumsi Vitamin C Berlebih

Ilustrasi Jeruk
Sumber :
  • Top Food
VIVAlife -
Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik
Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga mampu mencegah tubuh Anda terpapar dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan sel-sel di dalam tubuh mudah rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Laga Panas! Duel Tinju Chef Arnold Poernomo Versus Codeblu di Ajang HSS Series 5

Tak hanya itu, vitamin C juga sering digunakan untuk kecantikan, memperbaiki sel tubuh dan melancarkan peredaran darah.
Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Artis Cantik: Dia Datangi Istri Saya Minta Izin


Vitamin C dapat Anda temukan secara alami dari buah dan sayur. Buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yakni, jeruk, brokoli, nanas, dan tomat.


Namun, tidak banyak yang tahu, kelebihan vitamin C akan menimbulkan beberapa efek samping yang buruk buat kesehatan. Berikut gangguan kesehatan akibat kelebihan Vitamin C seperti dilansir
boldsky.com
:


- Air seni keluar darah

Salah satu efek samping terburuk apabila Anda mengonsumsi vitamin C secara berlebihan adalah buang air kecil disertai darah dan rasa nyeri pada perut.


- Diare

Hal ini sering terjadi secara umum. Diare umumnya terjadi apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi vitamin C.


- Pusing

Banyak masyarakat menjadikan kandungan vitamin C dalam buah jeruk dan lainnya sebagai obat untuk menghilangkan rasa pusing. Namun ternyata, mengonsumsi banyak vitamin C akan membuat Anda tak sadarkan diri (pingsan). Apabila ini sering terjadi setiap Anda mengonsumsi banyak vitamin C, maka Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli.


- Mulas

Efek samping terakhir adalah mulas. Apabila Anda sering mengalaminya, maka segeralah konsultasikan hal tersebut ke dokter. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya