KONSULTASI: Ketahui, Bahaya Anak Cacingan

Ilustrasi anak demam
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Konon, hobi anak bermain di pasir yang kotor bisa menimbulkan penyakit cacing. Hewan kecil itu masuk melalui kuku atau pori-pori telapak kaki yang tidak dialasi sandal dan sepatu.

Meski rawan terjadi , penyakit cacing dianggap tidak berbahaya. Efeknya sekadar membuat anak kurang nafsu makan dan lemas. Padahal, itu bisa menjadi tanda menuju penyakit yang lebih serius.

Sebaiknya, penyakit cacing segera diperiksa dan ditanggulangi. Simak gejala dan cara penanggulangannya dalam konsultasi antara pembaca VIVAlife dengan dr. Rahajeng A.P. berikut.

Tanya:

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Penyakit cacing gelang tanda-tandanya apa saja ya? Risikonya apa, dan bagaimana cara penyembuhannya? Dananya sekitar berapa? Apakah pernah ada kasus yang sampai berbahaya? sejauh apa bahayanya?

Terimakasih atas jawabannya.

Donny Pras

Jawab:

Penyakit yang disebabkan oleh cacing gelang (Ascaris Lumbricoides) disebut “ascariasis”.

Gejalanya tergantung stadium penyakit. Pada ascariasis yang ringan, bisa tidak menimbulkan gejala. Namun dengan berjalannya waktu, bisa timbul gejala anemia seperti pucat, tubuh lemas, bahkan bila tidak segera diobati cacing dapat tumbuh dalam saluran pencernaan sampai paru-paru.
 
Pada anak, ascariasis dapat menyebabkan gangguan penyerapan zat gizi seperti protein, karbohidrat, dan vitamin. Akibatnya, pertumbuhan anak terganggu.

Penyakit ascariasis baru bisa dipastikan dengan ditemukannya telur cacing dengan pemeriksaan feses.

Dana penyembuhan di tiap tempat pengobatan tidak bisa dipastikan, karena harga obatnya berbeda-beda. Penanganan juga ditentukan rumah sakit atau puskesmas tempat berobat, bukan oleh dokter.

Pengobatan tergantung dari stadium ascariasis, dan baru bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan lab. Biasanya, pengobatan cukup diberi obat anti-parasit dengan dosis yang ditentukan.

Pada ascariasis berat, diperlukan operasi untuk memperbaiki kerusakan dan menghilangkan cacing. Sumbatan pada usus, sumbatan pada saluran empedu, dan sumbatan usus buntu adalah komplikasi berbahaya yang penanganannya mungkin memerlukan operasi.

Semoga bermanfaat.

dr. Rahajeng A.P.

THR El Rumi dari Irwan Mussry Bikin Netizen Ngiler

MeetDoctor

Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.

Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja
Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024