Pengalaman Berpuasa Seleb Mualaf

Sandy Tumiwa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Bulan Ramadan ini bulan berkah bagi umat Muslim yang menjalaninya. Bagi para mualaf, bulan ini merupakan momen yang istimewa, karena baru kali ini mereka menjalani ibadah puasa.

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga

Bagi para seleb yang belum lama menjadi mualaf, bulan Ramadan mereka manfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan mewujudkan kasih kepada sesama. Mereka pun bertekad tak menyia-nyiakan momen ini untuk meluangkan lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga.

Suami Tessa Kaunang, Sandy Tumiwa, dan artis cantik Bella Saphira belum lama ini berstatus mualaf. Mereka berbagi cerita tentang pengalaman pertama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Pesinetron Sandy Tumiwa tak bisa membendung kebahagiaannya menyambut kembali bulan Ramadan kali ini. Ya, setelah memutuskan kembali berpindah keyakinan, Sandy beraktivitas selayaknya kaum muslimin yang lain, dan salah satunya adalah berpuasa.

Namun, puasa kali ini sebenarnya bukan yang pertama bagi dia. Sebelum menikah dengan Tessa, Sandy sebenarnya pernah berpuasa.

"Ini bukan yang pertama bagi saya. Hanya saja saya kembali ke Islam tahun ini, jadi ya ini satu hal yang diberikan kepada saya, sebuah anugerah," ujarĀ  pria yang resmi mualaf pada 25 April lalu.

Meski tak bersama istri, Sandy pun bahagia, puasanya ini ditemani keluarga tercinta. "Puasa dengan ibu. Sahur dan buka puasa bersama beliau," ujar Sandy.

Sandy pun mengungkapkan puasa Ramadan ini tak mengalami kesulitan. Katanya, demi mendapatkan kelancaran puasanya kali ini, ia berlatih dengan puasa sunah.

"Nggak ada kesulitan ya. Kemarin saya coba untuk puasa Rajab, lima hari, kan harus ganjil. Sebelum puasa ini (Ramadan), pas 25 April kan bulan Rajab, saya coba lima hari. Alhamdulillah bisa, masih kuat," ujar Sandy.

Tetap kerja


Bagi Sandy, meski menahan lapar dan haus di bulan Ramadan ini, tapi tak menghambatnya untuk terus bekerja. Ya, bulan puasa ini diakuinya masih menerima kontrak kerja off air di beberapa stasiun televisi.

Semenjak resmi mualaf, Sandy menjadi pembicara di sejumlah acara talk show. "Ada sebagai bintang tamu dan kebetulan pas banget di bulan Ramadan," ujarnya.

Tak hanya menjadi pembicara, Sandy pun berencana untuk segera merampungkan sebuah program acara. Namun, proses syuting program itu harus dilakoninya selama bulan Ramadan ini.

"Selain bersama keluarga, Alhamdulillah saya juga berbuka di luar karena kan ada kerjaan juga (mengisi program)," ujarnya.

Sandy pun mengatakan bulan puasa jangan dijadikan untuk bermalas-malasan. Justru baginya, dengan mengisi waktu selama berpuasa dengan pekerjaan, akan tak terasa menjalani ibadah puasa tersebut. "Nggak terasa, berangkat misal pagi, selesai syuting pas maghrib, tahu-tahu buka. Selesai juga hari itu untuk puasa," ujarnya.

Umrah dan pesantren


Menjadi mualaf, kebahagiaan Sandy pun berlipat. Impiannya untuk pergi ke Tanah Suci akhirnya terwujud.

Sandy menuturkan bahwa dalam waktu dekat ini ia akan melaksanakan ibadah umrah.

"Alhamdulillah saya diberikan hadiah umrah gratis pada minggu ini. Tadinya saya mau berangkat bersama ibu saya, tapi beliau sedang sakit. Walau tanpa ibu, saya tetap diminta berangkat umrah sendiri," ujarnya.

Umrah perdananya ini adalah segalanya bagi Sandy. Impian Sandy dapat melihat Kabah lebih dekat pun segera menjadi kenyataan.

"Sempat punya impian itu (lihat Kabah). Saya bahagia sekali dengan semuanya ini," ujar Sandy.

Tak hanya umrah, kata Sandy, ia pun ingin lebih banyak menimba ilmu agama di bulan Ramadan ini. Salah satunya adalah mendaftar sebagai seorang santri di sebuah pesantren di luar Jawa.

"Niat saya tadinya sebelum Ramadan ingin masuk pesantren. Tapi, keinginan itu saya bicarakan dengan ibu, karena saya juga masih harus kerja dan kesibukan lainnya," ujarnya.

Akhirnya, kata Sandy, keinginan itu pun diredam untuk sementara waktu. Sang ibu sempat mengatakan ilmu agama bisa Sandy dapatkan tanpa harus masuk pesantren.

"Kata ibu seimbang saja. Antara kesibukan dunia saya dan akhirat (ibadah)," selorohnya.

Namun, nantinya, jika Sandy tetap keukeuh ingin mencicipi ilmu agama di sebuah pesantren, sang ibu tak akan menahannya.

"Semua diserahkan kepada saya ke depannya. Saya yakin ibu saya pasti mendukung niat baik saya," ujarnya.

Menahan dahaga


Sandy bukanlah selebriti pertama yang menjalani ibadah puasa tahun ini untuk pertama kalinya. Artis cantik Bella Saphira juga untuk pertama kalinya memulai ibadah puasa Ramadannya.

Kepada VIVAlife, Bella mengatakan butuh perjuangan menahan lapar dan haus saat menjalani ibadah puasa. Ia pun mengaku menjalaninnya dengan cukup berat.

"Buat saya yang paling sulit itu menahan haus ya. Karena saya orang yang banyak minum. 4-5 hari pertama saya berat banget menahan haus. Susah banget tuh. Sekarang sudah agak terbiasa," ujarnya.

Bella pun memutar otak agar dahaga dan laparnya itu bisa terlupakan. Ia pun mengambil banyak kegiatan.

"Saya kadang suka cari kegiatan biar lupa, biar nggak terasa haus. Padahal pas mau berangkat, tenggorokan sudah terasa kering hahahaha. Tapi, memang kalau ada kesibukan itu jadi tidak terasa. Malah kadang-kadang saya suka kaget sendiri kalau sudah waktunya buka, karena nggak sadar berkat kesibukan itu," ujarnya.

Bagi Bella, Ramadan kali ini ia bersyukur ditemani suami tercinta, Mayjen TNI H. Agus Surya Bakti.

"Alhamdulillah sahur dan puasa bisa bersama suami. Kalaupun suami tak bisa menemani pas buka, ya pas sahurnya. Jadi, kami buat nyaman saja," ujar dia. (art)

Pendeta, Eastwood Anaba

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Tidak hanya itu saja, sang pendeta juga sempat membandingkan adab seorang muslim ketika memasuki masjid dengan orang kristen ketika mendatangi gereja.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024