Perbaiki Suasana Hati dengan Ukulele

Ilustrasi Ukulele
Sumber :
  • Flickr

VIVAlife - Bermain ukulele alias gitar kecil asli Hawaii memang menyenangkan. Alat musik ini dimainkan mulai dari anak jalanan, Jack Johnson, sampai miliuner Warren Buffet. Ukulele dimainkan saat senggang, menghabiskan waktu di rumah, saat bepergian ke pantai atau rehat sejenak dari deadline. 

Wujud Hadir untuk Jemaah, Petugas Haji Wajib Pakai Seragam

Buat yang masih jomblo, main ukulele bisa menyalurkan bakat menyanyi dan mengulik lagu cinta atau patah hati andalan. Tidak perlu jauh dan bayar mahal ke karaoke.

Anda bisa menggunakan gitar ukulele tradisional atau futulele, aplikasi ukulele yang dimainkan lewat perangkat Apple Anda.

Oxford United 2 Kali Jebol Gawang Bolton, Klub Milik Anindya Bakrie Selangkah Lagi Promosi

Gitar dengan empat senar ini dijual dengan bermacam-macam model dan tentunya harga. Mulai puluhan ribu, sampai jutaan untuk yang costum. Ukuran ukulele yang mini membuat dia bisa dimainkan dan dibawa dengan mudah. Selain itu, kunci nada alias chord juga lebih mudah dijangkau dan dipelajari. 

Suaranya pun merdu, khas, dan ukulele bisa memainkan hampir segala jenis lagu. Jika Anda adalah pemain ukulele pemula dan pemilik gadget Apple, mengunduh aplikasi futulele tentu lebih mudah. Anda tidak perlu nyetem lagi! Lucunya, Anda bisa menggunakan dua gadget Apple Anda yaitu, iPad dan iPhone.

IDI Rayakan Puncak Hari Bakti Dokter Indonesia 2024 di Yogyakarta

Sobat Jomblo menggunakan iPad sebagai bodi dari instrumen untuk memetik senar, sedangkan iPhone diletakkan pada bagian atas yang berfungsi sebagai leher ukulele. Dengan cara ini, Anda dapat menekan senar pada iPhone dan memetiknya pada iPad tanpa merasa terlalu dekat atau sempit. 

Aksesori ini menyediakan sampai 12 chord yang dapat digunakan untuk setiap lagu. Dengan menggunakan aplikasi OMGuitar, Anda dapat menambahkan efek dan juga merekamnya. 

Hasilnya? Suara yang dihasilkan pun lebih jernih, bebas sember. Sementara itu, untuk ukulele tradisional, Anda pasti sudah hafal betul kan? Suaranya begitu khas dan yang pasti bisa memperbaiki suasana hati. 

Nah, ini dia tips bermain ukulele tradisional dan bisa diaplikasikan sebagian pada versi digital

Kenali chord ukulele yang berbeda dengan gitar biasa. Nada dasarnya adalah C,D E,F,G,A,B setara do re mi. 

1. Pahami cara tuning alias stem. Urutan nada pada senar dimulai dari yang paling atas adalah G,C,A,E.

2. Tes nada senar ukulele dengan menggunakan aplikasi Ukulele Tuner, karena kadang kuping bisa menipu.

3. Pelajari chord, bersamaan dengan lagu-lagu mudah yang biasa dimainkan, misalnya I Can’t Help Falling In Love. 

4. Satu lagi, mainkan lagu-lagu riang dengan ukulele Anda dan ajak orang-orang di sekitar untuk ikut bernyanyi. (art)

Sumber: Jomblo.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya