Ditemukan, Cara Menghilangkan Pahit pada Cokelat

Ilustrasi cokelat dan cokelat putih
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Perpaduan rasa pahit dan manis, membuat cokelat digemari banyak orang. Tua dan muda menyukai makanan yang memberikan sensasi lumer di mulut ini.

Menguak Persiapan Pernikahan Mewah Raffi Ahmad

Namun, rasa sesungguhnya cokelat adalah pahit. Manis pada cokelat batang biasanya diperoleh dari tambahan gula. Kandungan pemanis inilah yang kemudian dikhawatirkan bisa menyebabkan risiko diabetes serta obesitas.

Kini, perusahaan teknologi pangan di Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan cara untuk mengurangi rasa pahit pada biji cokelat. Dengan cara tersebut diyakini jumlah gula pada cokelat batang dan permen cokelat bisa dipangkas.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, MycoTechnology, Inc mengembangkan proses fermentasi unik menggunakan jamur untuk mengurangi rasa pahit pada biji cokelat.

"Kami menggunakan jamur yang dilatih secara khusus untuk menghilangkan aspek yang tidak diinginkan dari makanan dan memasukkannnya dengan manfaat kesehatan alami dari jamur," ujar Kepala Eksekutif MycoTechnology, Inc, Alan Hahn, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Menurut pakar industri, rata-rata cokelat susu batang mengandung gula sekitar setengahnya. Hahn menuturkan, teknologi MycoSmooth -- diciptakan oleh Chief Science Officer MycoTechnology, Inc, Brooks J. Kelly -- dapat memangkas jumlah gula yang dibutuhkan oleh rata-rata cokelat batang sekitar setengahnya atau dari 31 gram menjadi 15 gram.

Saat ini perusahaan tengah melakukan pembicaraan dengan sejumlah perusahaan cokelat besar di AS. Meski demikian, Hahn menolak untuk mengungkapkan nama-nama perusahaan tersebut. Tahun lalu, MycoTechnology, Inc juga meluncurkan metode fermentasi untuk mengurangi rasa pahit pada biji kopi. (adi)

Sajia mi mirip bungkusnya di Mix Diner and Florist

FOTO: Sajian Unik, Mi Instan Sesuai Tampilan Bungkusnya

Rasa bintang lima, harga kaki lima.

img_title
VIVA.co.id
28 Agustus 2014