Aneh, Pria Tiba-Tiba Berubah Jadi Wanita

Ilustrasi Jenis Kelamin
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Selama 44 tahun menjalani hidup sebagai pria, seorang pria harus menerima kenyataan yang mengejutkan. Dia memiliki organ reproduksi wanita lengkap dan bahkan mengalami menstruasi. 

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Dilansir situs Zhejian Online, pria asal Tiongkok bernama Chen itu mengetahui jenis kelaminnya berbeda akibat rasa sakit yang hebat di bagian perut. Dia memeriksakan diri ke dokter setelah merasa sakit pada bagian perut dan mendapati darah keluar dari urin. Hasil pindai medis menunjukkan bahwa ia memiliki organ reproduksi wanita dan baru saja mulai menstruasi.

Dokter mengatakan, saat Chen datang bersama istrinya, ia memang laki-laki dan diperlakukan seperti pasien pria pada umumnya. Namun hasil pindai medis menunjukkan ada rahim dan ovarium, dokter pun mencurigai adanya kelainan. Setelah diperiksa lebih dekat, dokter melihat Chen tidak memiliki jakun dan alat kelaminnya cacat.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Meski begitu, Chen mengakui kehidupan seks bersama istrinya berjalan sangat normal. 

Dokter mendiagnosis Chen dengan penyakit hiperplasia adrenal kongenital, yakni kelainan genetik pada kelenjar adrenal yang memproduksi hormon seksual. Itu menentukan pengembangan alat kelamin dan karakteristik seks sekunder.

Karena Chen telah hidup begitu lama tanpa terapi hormon yang tepat untuk gangguan ini, kelenjar adrenal tersebut pada akhirnya mengembangkan tumor yang menekan produksi hormon androgen, sehingga sifat-sifat kewanitaannya muncul. Beruntung, tumor tersebut jinak dan ia bisa meninggalkan rumah sakit setelah dua minggu. 

Selama kunjungan rumah sakit, Chen menjalani tes genetik yang menunjukkan bahwa dia memang, secara bilogis, seorang wanita.

Kasus unik ini bukan pertama kali terjadi. Tahun lalu, seorang pria Tiongkok berusia 66 tahun juga mengeluhkan hal yang sama. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya