Empat Kota Asyik Berwisata Kuliner Selama Libur Lebaran

The Valley Bandung
Sumber :
  • thevalleybandung.com

VIVAlife - Libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mencicipi berbagai kuliner khas daerah. Ada beberapa kota di Indonesia yang juga dikenal sebagai kota kuliner. Di mana saja? Berikut empat kota di Indonesia asyik buat wisata kuliner, rekomendasi dari timABRA.

AbraResto.com adalah situs yang mengumpulkan, mengorganisasi, sekaligus meresensi berbagai restoran yang bermanfaat bagi pengguna situs untuk menemukan tempat yang cocok.

Selain itu, manfaat lain adalah dapat melihat di mana teman pengguna bersantap dan mengetahui apa pendapat teman mengenai pengalaman bersantap di restoran tersebut.

Abraresto.com dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan yang berpusat di Singapura, Abratable Pte. Ltd, yang juga mengoperasikan abratable.com di Singapura, platform reservasi restoran.

Bogor

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Jika tidak punya waktu banyak, mampirlah ke Bogor. Walau Bogor kota kecil, banyak pilihan tempat makanan sedap patut dicoba. Keuntungan berwisata kuliner di kota kecil, lokasi tempat makan dari satu tempat dengan tempat lain tidaklah terlalu jauh.

Asinan Gedung Dalam bisa dibilang kuliner paling terkenal dari Bogor. Usaha camilan ini genap tiga puluh enam tahun berjualan, mulai tahun 1978. Variasi asinannya kini lebih banyak. Selain asinan sayur dan buah, ada juga asinan jagung bakar dan asinan sayur plus kacang. Harga asinan berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp17 ribu.

Selain itu, ada juga roti Unyil, toge goreng (depan Bogor Permai) yang jadi tujuan wisata kuliner populer sejak lama. Untuk mengisi perut, tidak afdol jika tidak merasakan masakan Sunda.

Tempat favorit untuk menyantap empal, sayur asem, dan leunca adalah warung makan Sunda Purwakalih di Batutulis. Atau de’Leuit yang dekat SMAN 3. Tempat terakhir ini memang baru dibanding warung makan Sunda Purwakalih tetapi berkat lokasi yang lebih strategis dan ruang restoran yang lebih luas, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bandung

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Bandung identik dengan tujuan wisata belanja baju, tas, sepatu serta aksesori murah dan tentunya kuliner. Ada beberapa daerah di Bandung seperti Riau, sepanjang jalan Dago, Setiabudi dan Lembang dikenal sebagai surganya belanja dan kuliner.

Jika ke daerah Dago Pakar, jangan lupa mampir ke The Valley untuk menikmati lanskap Bandung dari atas.  Menu sedap di The Valley adalah menyantap gurame goreng, sambal tempe, dan karedok. Semilir angin gunung dijamin akan menambah kelezatan makanan khas Sunda ini.

Tempat kongko asyik di Bandung lainnya adalah Rumah Stroberi. Terhampar di pegunungan Lembang yang masih hijau berudara sejuk, restoran makanan khas Sunda ini memiliki kebun stroberi yang bisa dipetik langsung oleh pengunjungnya.

Pengunjung harus membayar paket makan nasi liwet 4 orang dan petik langsung stroberi hingga 600 gram seharga Rp120 ribu. Jika 600 gram stroberi terlalu sedikit, ada biaya tambahan Rp2.500 per ons-nya. Saung dan meja lesehan di situ sangat nyaman untuk bersantai menikmati suasana.

Surabaya

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Waktu tiga hari saja berkunjung ke Surabaya, tak cukup untuk menjelajah kuliner populer kota. Jika memang tidak punya waktu banyak, ada tiga tempat yang wajib dicoba saat berkunjung ke Surabaya. Rawon Setan, Sate Klopo Ondomohen dan Rumah Sampoerna.

Rawon Setan terletak di jalan Embong Malang dimana ruang makan terbagi dua (AC dan Kipas Angin). Pilihan menu rawon ada dua macam, rawon daging atau rawon campur dengan jeroan. Rawon bisa disajikan secara terpisah dengan nasi atau dicampur.

Harga untuk pilihan yang terakhir ternyata lebih murah. Seporsi rawon daging yang disajikan terpisah dengan nasi seharga Rp28 ribu. Sambil menunggu, di meja terdapat berbagai camilan atau makanan lain yang bisa dijadikan teman makan bersama rawon. Ada kerupuk udang, tempe goreng, telor asin, telor pindang, perkedel, sampai jeroan yang dibumbu empal.

Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih terletak di jalan Walikota Mustajab. Sate ini bisa dibilang menjadi makanan khas Surabaya karena telah dikelola 60 tahun lebih oleh keluarga ibu Asih.

Sate klopo teracik dari potongan ayam yang ditaburi serutan kelapa muda yang sudah dibumbui. Setelah dibakar, sate klopo disajikan dengan bumbu kacang, kecap, potongan rawit dan daun bawang.

Pilihan sate bervariasi, mulai dari sate daging, gajih, usus, sum sum, otot, campur, dan ayam. Teman menyantap sate ini pun bisa dengan nasi atau lontong. Dengan nasi, lebih mahal lima ratus perak. Harga sate itu berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribu perak.

Tempat makan terakhir yang wajib dikunjungi saat berlibur di Surabaya adalah Rumah Sampoerna. Ada banyak bisa dilihat di tempat ini sebelum akhirnya berakhir di restorannya.

Pertama, mengelilingi museum Sampoerna yang menampilkan perjalanan usaha keluarga Sampoerna membangun perusahaan rokoknya. Museum terdiri dari dua lantai dan dari lantai kedua kita bisa melihat proses pembuatan rokok langsung.

Setelah itu, bisa mampir sebentar ke galeri yang terletak di sisi kanan belakang area. Puas melihat-lihat galeri, barulah mampir ke restorannya yang masih menampilkan arsitek kuno.

Yogyakarta

Sebagai kota gudeg, kurang afdol bila tak cicip gudeg saat berkunjung ke Yogyakarta. Gudeg Yudjum adalah gudeg yang wajib dicoba. Menyimak menu, ada sepuluh paket nasi pilihan mulai dari nasi gudeg tahu tempe yang bisa dinikmati hanya dengan kocek Rp7.000 hingga nasi gudeg dengan potongan dada ayam seharga Rp20 ribu. Berhubung gudeg Yudjum sering jadi oleh-oleh, pilihan kendil dan besek juga dijual mulai dari harga Rp50 ribu hingga Rp190 ribu.

Jika sudah di Yogyakarta, jangan lupa mengunjungi Sate Klathak Pak Bari. Sate ini hanya dijajakan malam hari, mengambil lokasi Pasar Wonokromo seusai pedagang pasar berjualan siang harinya.

Semakin malam, semakin ramai dan panjang jejeran mobil parkir di depan pasar. Yang membuat sate unik karena pengolahan sate berbeda. Potongan daging kambing hanya ditaburi garam dan ditusukkan pada besi jeruji sepeda.

Saus pendampingnya kuah gulai yang tidak terlalu ketal. Memesan seporsi sate klatak, kita akan mendapatkan dua tusuk sate saja.

AbraResto.com adalah situs yang mengumpulkan, mengorganisasi, sekaligus meresensi berbagai restoran yang bermanfaat bagi pengguna situs untuk menemukan tempat yang cocok.

Selain itu, manfaat lain adalah dapat melihat, di mana teman pengguna bersantap dan mengetahui apa pendapat teman mengenai pengalaman bersantap di restoran tersebut.

Abraresto.com dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan yang berpusat di Singapura, Abratable Pte. Ltd, yang juga mengoperasikan abratable.com di Singapura, platform reservasi restoran.

Laporan: AbraResto/Syanne Susita

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya