Ini Kebiasaan yang Bisa Memicu Kanker

Ilustrasi wanita pakai gadget di tempat tidur
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Dalam kehidupan yang serba instan dan modern ini banyak kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya tanpa Anda ketahui bisa menjadi penyebab timbulnya kanker. Mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok bisa menyebabkan kanker, baik itu kanker mulut ataupun kanker paru-paru, dan berdiri terlalu lama di bawah sinar Matahari bisa menyebabkan kanker kulit.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa kebiasaan kecil mereka sehari-hari ternyata juga bisa menjadi pemicu timbulnya kanker. 

Kebiasaan seperti duduk terlalu lama, memilih minuman bersoda, dan kerja pada giliran malam adalah beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya kanker.  

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Jenis kebiasaan ini bisa dikategorikan ke dalam kebiasaan yang berbahaya. Berikut di antaranya:

Duduk terlalu lama

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Hasil studi American Institute untuk penelitian tentang kanker menunjukkan bahwa orang yang duduk terlalu lama, memiliki risiko tinggi mengembangkan peradangan pada organ perut bagian bawah. Jika terus dibiarkan, bisa menjadi penyebab kanker. Selain itu, duduk selama berjam-jam menyebabkan berkurangnya aktivitas fisik yang dapat meningkatkan risiko kanker endometrium dan kanker kolorektal.

Bedak tabur

Wanita biasanya memilih menggunakan bedak tabur, terkadang pada daerah genitalia. Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa penggunaan bedak tabur pada daerah genital atau perineum meningkatkan risiko kanker ovarium.  

Seks oral

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Jurnal Onkologi menunjukkan bahwa risiko kanker oropharyngeal bisa meningkat dari mulut akibat adanya kontak dengan kelamin yang terinfeksi HPV.

Kerja shift malam

Bagi wanita yang bekerja dengan shift malam, bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Hasil studi pada 2.000 wanita, menunjukkan adanya risiko tinggi kanker payudara bagi wanita yang bekerja shift malam selama lebih dari dua bulan. Tekanan melatonin, gangguan siklus tidur dan perubahan gaya hidup adalah penyebab utamanya, di samping kurangnya vitamin D.

Tidur dekat ponsel

Meletakkan ponsel dekat dengan posisi Anda tidur bisa menyebabkan kanker, karena adanya emisi radiasi. Hal ini juga meningkatkan risiko kanker payudara dan tumor otak.

Minuman manis

Gula memberi makan sel-sel kanker dan merupakan salah satu hal utama yang menyebabkan sel-sel kanker berkembang biak. Teh yang manis, minuman bersoda, serta minuman manis lainnya adalah sebagian kecil minuman manis yang bisa menyebabkan kanker.

Makanan olahan

Meski enak dan mudah dalam penyajiannya, makanan olahan memiliki jumlah kandungan bahan pengawet yang tak terhitung jumlahnya yang bisa menyebabkan kanker. (art)

Sumber: Boldsky

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya