Tampil Gaya dengan Gaun Berbahan Alat Kontrasepsi

Model memeragakan gaun dari alat kontrasepsi
Sumber :
  • Adriana Bertini

VIVAlife - Banyak cara dilakukan seorang aktivis untuk meningkatkan kesadaran publik. Seperti yang dilakukan seorang aktivis AIDS sekaligus seorang desainer asal Brazil, Adriana Bertini. 

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

4.266 Personel Gabungan Kawal Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Dia meluncurkan berbagai koleksi gaun yang seluruhnya dibuat dari alat kontrasepsi, berupa kondom. 

Koleksi Condom Couture Bertini ditampilkan pada catwalk khusus yang digelar bersamaan dengan Konferensi AIDS Internasional di Melbourne, Australia.

Meski Teuku Ryan Upayakan Banyak Usaha Buat Rujuk, Ini yang Bikin Ria Ricis Mantap Cerai

Istimewanya, Bertini tidak menggunakan kondom baru. Seluruh alat kontrasespsi yang digunakan Bertini merupakan kondom yang tidak lolos kontrol kualitas dan oleh sebab itu, tidak terpakai. Alasan Bertini menggunakannya karena kondom - kondom rusak itu justru memberi detail menarik pada rancangannya. 

Tidak hanya itu, Bertini juga menyelamatkan lingkungan dari limbah kondom pabrikan. 

"Saya ingin mengubah materi yang ditakdirkan untuk menjadi sampah menjadi sesuatu yang berseni," ungkap Bertini dalam situsnya. 

"Kreativitas melestarikan individualitas manusia. Hasil karya seni yang menciptakan bentuk baru berpikir dalam masyarakat agar mereka menyadari realitas dalam situasi risiko di wajah HIV," lanjut Bertini, seperti dikutip dari Metro.   

Selain pagelaran busana dari alat pengaman, Adriana juga mengadakan lokakarya untuk mengajarkan siswa memotong, mewarnai dan menjahit kondom menjadi sebuah busana layak pakai. Ini dipakai untuk menghapus tabu mengenai kesehatan seksual. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya