Tampil Gaya dengan Kardigan Hingga Jaket

Koleksi Nicolas Ghesquiere di Paris Fashion Week
Sumber :
  • REUTERS/Stephane Mahe
VIVAlife
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
-  Cuaca di Indonesia kian tidak menentu. Panas menyengat, kemudian hujan deras sampai sungai meluap. Alhasil, berbusana jadi serba salah.

Tadinya mengenakan sweter untuk menghangatkan tubuh, tiba-tiba matahari bersinar terik. Sweter sendiri merupakan jenis baju luaran, atau dalam Bahasa Inggris disebut outerwear.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Nah, baju luaran ini banyak macamnya. Mulai dari sweter, kardigan, hingga jaket. Bagi pria, mungkin tak ambil pusing dengan urusan pakaian, namun informasi berikut ini bisa jadi menarik bagi para wanita.

Outerwear sendiri dibuat berdasarkan kebutuhan akan musim. Makanya pemakaian bahan dan tingkat ketebalannya berbeda. Kemudian, outerwear dibuat lebih chic, bukan sekadar penghangat tubuh atas nama fesyen. Mari kita berkenalan dengan jenis-jenis outerwear yang populer di masyarakat.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Sweter

Banyak orang yang keliru antara sweter dan kardigan. Sweter adalah outerwear tebal dengan bahan yang lembut dan hangat. Sweter merupakan terusan, tanpa kancing atau ritsleting, cocok untuk iklim yang agak dingin.

Desain sweter kini dibuat begitu bergaya dengan print atau text. Sweter kepala harimau dari rumah mode Kenzo menjadi salah satu model yang populer.

Kardigan

Kardigan adalah turunan dari sweter, tetapi dengan kontur yang lebih tipis dan ramping. Selain itu, kardigan memiliki kancing yang memanjang dari atas sampai bawah. Kardigan cocok untuk suasana santai dan masih nyaman dipakai di iklim yang hangat. Bahan cashmere merupakan material favorit untuk kardigan.

Jaket

Salah satu produk yang terkenal dari Cibaduyut adalah jaket kulit. Anak motor pasti akrab dengan jaket. Nah, jaket sendiri adalah outerwear tebal dengan desain yang cenderung kaku. Umumnya memakai bahan yang kedap air atau tidak mudah basah serta berat dan gerah saat dipakai dalam waktu yang lama.

Mantel

Burberry adalah rumah mode yang terkenal dengan mantelnya. Mantel merupakan turunan dari jas tapi dengan desain yang lebih dalam (overcoat).  Bisanya mantel ini dipakai pada musim hujan, karena materialnya terbuat dari bahan yang tebal dan kedap air.

Jas

Untuk kesempatan formal, para pria umumnya menggunakan jas. Boleh hanya jas saja, atau dengan stelan yang terdiri dari  kemeja, dasi, vest, celana, belt, sepatu kulit.

Blazer

Jas adalah pakaian formal untuk pria, dan blazer untuk wanita. Blazer memiliki banyak model untuk kesempatan formal, atau kasual. Modelnya lebih feminin dan biasanya mengikuti lekuk tubuh.

Selain outerwear yang sudah dijelaskan tadi, masih banyak jenis outerwear lain, seperti hoodie, poncho, robe bahkan rain coat alias jas hujan lho! Namun, kita sederhanakan ke outerwear yang biasa Anda gunakan sehari-hari. (asp)

Sumber: Jomblo.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya