Ini Waktu Tidur Optimal Orang Dewasa

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Berapakah waktu tidur optimal yang dubutuhkan orang dewasa setiap hari? Menurut para peneliti di Arizona State University, Phoniex, Amerika Serikat, waktu tidur optimal orang dewasa adalah 7 jam.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

"Pola hidup sehat yang dibarengi waktu tidur cukup selama 7 jam setiap hari, bisa menurunkan angka kematian," kata Shawn Youngstedt, profesor Arizona State University, yang memelajari durasi tidur malam. 

Lebih lanjut, Prof Youngstedt menyebutkan bahwa tidur terlalu lama ternyata sama buruknya bagi kesehatan dengan waktu tidur yang kurang. 

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

"Tidur selama 8 jam justru berbahaya bagi kesehatan," tutur Youngstedt dilansir Wall Street Journal. 

Bulan lalu, Youngstedt menguji 9000 orang berusia antara 50-64 tahun yang punya kebiasaan tidur kurang dari 6 jam serta mereka yang tidur lebih dari 8 jam setiap hari, ternyata memiliki memori yang buruk. Selain itu, mereka juga kerap mengambil keputusan yang kurang baik. 

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Selain itu, kemampuan otak akan semakin menurun pada orang tua berusia 65-89 tahun yang punya kebiassan tidur lama.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep Medicine tersebut kemudian menganjurkan sebaiknya orang dewasa memiliki waktu tidur malam sekitar 7 jam untuk mencapai kesehatan optimal. 

"Tubuh kita beradaptasi dengan lingkungan dari hasil evolusi selama ratusan tahun. Jika disamakan, manusia di zaman batu juga rata-rata memiliki waktu tidur malam selama 7 jam," terang Youngstedt. 

Namun, bombardir informasi serta mobilitas tinggi, terutama di kawasan urban, membuat manusia justru tidur jauh lebih lama dari yang seharusnya. "Banyak yang selalu merasa kurang tidur, akhirnya membalas dendam dengan tidur lebih lama di hari berikutnya, padahal itu salah," papar ahli syaraf Professor Jim Horne dari Loughborough University. 

"Tubuh kita punya cara mendapatkan waktu istirahat yang cukup," sambungnya.

Selain itu, kesimpulan lain yang didapatkan Youngstedt dan Horne adalah bahwa wanita memerlukan waktu tidur yang lebih banyak dari pria. "Wanita membutuhkan lebih banyak tidur karena otak mereka membutuhkan waktu pulih yang lebih lama dari aktivitas multiperan yang mereka lakukan setiap hari," jelasnya. 

Lalu, apa yang terjadi jika wanita kurang tidur? Horne menyebutkan, wanita yang kekurangan waktu tidur berisiko terserang depresi dan ketidakstabilan emosi.  (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya