Anda Mengalami Depresi, Ini Tanda Alaminya

Ilustrasi remaja pria depresi
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Padatnya aktivitas, kemacetan lalu lintas, masalah pekerjaan, dan masalah pribadi bisa menjadi pemicu terjadinya depresi pada diri Anda. Depresi merupakan gangguan kesehatan yang dipicu oleh stres dan ketegangan yang berlebihan.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Depresi bisa mengenai siapa saja dan bisa mempengaruhi banyak orang setidaknya dalam sekali dalam seumur hidup mereka.
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah


Seperti yang dilansir
Boldsky.com
, ada beberapa tanda-tanda umum dari depresi yang bisa dialami seseorang.


Berikut ini adalah lima tanda seseorang mengalami depresi:


1. Berlarut-larut dalam suasana hati yang sedih


Jika Anda mengalami suasana hati yang sedih, atau kosong dan berlarut-larut dalam waktu yang lama memungkinkan bisa menjadi tanda depresi. Anda harus mengevaluasi diri mengapa larut dalam kesedihan. Jika tidak menemukan alasan yang jelas, kemungkinan besar Anda mengalami depresi.


2. Selalu bersikap pesimis


Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan pesimistis terhadap banyak hal dalam hidup. Anda seperti kehilangan harapan meskipun keadaan sebenarnya tampak cukup normal. Sekali lagi, penting untuk mengevaluasi dan menentukan penyebab pesimisme. Jika tidak ada penyebab yang jelas, bisa menjadi tanda depresi.


3. Kecemasan


Kecemasan adalah fase yang sangat sering dialami oleh sebagian besar individu pada satu waktu dalam kehidupan mereka. Jika Anda mengalami fase depresi, kecemasan Anda tidak akan ada batasnya. Sebagian besar dari kita akan mengalami kecemasan tinggi tentang masa depan. Jika kecemasan Anda tampaknya tidak memiliki alasan yang jelas, itu mungkin indikasi terjadinya depresi.


4. Kehilangan energi dan kelelahan


Jika gejala ini disertai dengan tanda-tanda yang disebutkan di atas, itu bisa menjadi tanda kemungkinan depresi. Selama fase ini, seseorang biasanya mengalami kelelahan yang diiringi kecemasan. Insomnia juga bisa menjadi tanda depresi.


5. Selalu gelisah dan bahkan berpikiran untuk bunuh diri


Tanda ini sangat menunjukkan Anda terkena depresi. Pikiran untuk bunuh diri dan mempertanyakan tujuan hidup adalah yang paling umum terjadi pada orang-orang yang menderita gangguan ini. Kegelisahan yang tak terkendali juga merupakan tanda umum dari gangguan depresi.


Setiap manusia pasti memiliki masalah, baik yang kecil maupun yang besar sekalipun. Namun, hal ini bukan malah membuat Anda menjadi putus asa dan larut dalam kesedihan terus menerus. Anda harus selalu ingat dan yakin bahwa selalu ada kemudahan di setiap kesulitan apa pun karena Tuhan akan selalu memberikan pertolongannya tanpa Anda duga. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya