Cara Alami Mengatasi Depresi

Ilustrasi remaja pria depresi
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Apa Jadinya Jika Timnas Indonesia U-23 Ketemu Israel di Olimpiade 2024?
- Depresi merupakan gangguan mental yang umumnya dialami orang-orang dalam kelompok usia yang berbeda. Banyak orang yang mengalami depresi menggunakan obat-obatan untuk menyembuhkan mereka. Alih-alih depresinya hilang, malah membuat mereka terlalu ketergantungan pada obat anti depresan tersebut.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Padahal, ada solusi alami untuk mengatasinya tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan anti depresan. Seperti yang dilansir
Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan
Boldsky.com, ada tujuh solusi alami yang bisa menyembuhkan gangguan depresi.

1. Mengonsumsi makanan kaya magnesium

Makanan ini dapat menjadi obat untuk gangguan depresi. Diketahui, jika pikiran yang depresi disebabkan dari kurangnya zat magnesium dalam tubuh. Diketahui, zat magnesium bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi migrain dan detak jantung yang berdebar-debar. Migrain dan detak jantung yang berdebar-debar bisa jadi tanda kecil depresi. Makanan yang mengandung magnesium di antaranya sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan.


2. Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba bermanfaat tidak hanya sebagai obat alami untuk depresi, tetapi juga untuk mengatasi kecemasan, fobia, dan untuk yang menjalani kemotrapi. Ginkgo Biloba juga kaya akan anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kanker.


3. Olahraga

Olahraga sangat bermanfaat menjadi obat alami untuk depresi. Olahraga dapat meningkatkan metabolisme dan aktivitas otak, serta memberdayakan sistem kekebalan tubuh.


4. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C kaya akan antioksidan dan dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang dapat menganggu sel-sel otak.


5. Diet seimbang

Cara lain mengatasi depresi adalah dengan memastikan berdiet seimbang. Dalam arti, bukan mengurangi porsi makanan secara berlebihan, atau tidak makan sama sekali. Tetapi, Anda harus mengelola pola makan sambil tetap mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung protein, nutrisi, dan vitamin.


6. Meditasi

Meditasi dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk mengatasi depresi secara alami. Jika Anda rajin dan tepat waktu bermeditasi dengan cara yang benar, Anda tidak perlu mengonsumsi obat anti depresan apapun. Meditasi bisa menyembuhkan segala bentuk penyakit.


7. Akupuntur

Akhir-akhir ini akupuntur dipandang sebagai obat alami yang efektif mengatasi depresi. Salah satu studi menyebutkan, dari sekitar 100 wanita yang menjalani akuntur, 80 persen di antaranya menunjukkan hasil positif bebas depresi dalam waktu 7-8 minggu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya