Kreasi Baru Kue Lebaran dengan Teknik Mash-Up

Ilustrasi kue Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Tasya Paramitha

VIVAlife - Mendekati Hari Idul Fitri, para ibu mulai memikirkan apa menu hidangan yang akan dimasak nanti. Bicara mengenai hidangan khas Lebaran, kue-kue kering adalah salah satu yang tak pernah dilewatkan.

FOTO: Sajian Unik, Mi Instan Sesuai Tampilan Bungkusnya

Ada baiknya Anda mulai mencari-cari resep kue baru yang bisa dipraktikkan agar membuat kue nanti menjadi lebih seru dan bervariasi. Untuk Anda yang masih mencari inspirasi, rasanya parut melirik teknik Mash-up yang bisa Anda jadikan patokan dalam membuat kue Lebaran nanti.

"Tren Mash-up dalam dunia baking menjadi sangat populer setelah kue cronut pertama kali diluncurkan di salah satu toko kue di New York pada pertengahan tahun 2013 lalu," ujar Chef Degan Septoadji kepada VIVAlife saat ditemui di acara Peluncuran Resep Kue Lebaran Mash-up Blue Band di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menguak Persiapan Pernikahan Mewah Raffi Ahmad

Menurutnya, Mash-up sendiri merupakan teknik mengombinasikan dua jenis hidangan sehingga menciptakan sebuah inovasi hidangan baru. Seperti cronut misalnya merupakan perpaduan antara salah satu pastry khas Prancis, croissant dan kudapan populer dunia, donat yang melahirkan sebuah penganan bulat dengan lubang di tengah layaknya donat namun bertekstur renyah dan berlapis-lapis.

Chef Degan mengatakan teknik Mash-up tersebut juga dapat dilakukan dalam mengkreasikan varian kue lebaran baru. "Missalnya seperti biskuit red velvet. Selama ini red velvet cake sudah menjadi tren tersendiri di dunia kuliner. Mengapa tidak berkreasi membuat versi biskuitnya?" ujar juri Masterchef itu.

Dituduh Pukuli Kekasih, Ini Pengakuan Aktor Korea

Tak hanya itu, Degan juga berbagi tips mudah mengkreasikan kue lebaran yakni dengan mengombinasikan kue-kue tradisional Lebaran seperti putri salju, nastar dan kastengel dengan jenis dessert luar.

"Ini merupakan salah satu cara untuk berkreasi dalam membuat kue Lebaran agar kue-kue lebih bervariasi dan tidak monoton," ucapnya.

Salah satu kue lebaran Mash-up yang dapat dibuat yakni Nastar Crumble yang merupakan kombinasi dari kue nastar tradisional dan dessert khas Irlandia. Menurutnya, nastar digilai karena perpaduan rasa manis nanas dan asin adonan kue.  Begitu pun dengan apple crumble yang memiliki rasa manis dan asam dari apel serta cita rasa gurih dari adonan kue crumble-nya.

"Nanas yang biasa dijadikan isian kue nastar memiliki rasa yang hampir sama dengan apel sehingga kue nastar dengan isian apel memiliki rasa yang berbeda dengan nastar biasa namun perpaduan rasanya masih cocok dengan lidah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya