Panduan Santap Sehat Menu Lebaran Bagi Penderita Diabetes

Diabetes
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran memang identik dengan makanan manis, kue-kue kering dan hidangan bersantan. Tentu saja ini sangat menggiurkan apalagi bila tersaji di depan mata setelah menjalankan puasa sebulan penuh.

INFOGRAFIK: Jadwal Sistem One Way dan Contra Flow Tol Trans Jawa Mudik-Arus Balik Lebaran 2024

Namun, siapapun perlu mengontrol asupan hidangan manis dan berlemak saat Lebaran, terutama para penderita diabetes.

"Asupan gula per hari yang direkomendasikan oleh Depkes itu hanya sekitar 50 gram gula atau kira-kira sebanyak 4 sendok makan. Itu untuk orang normal. Untuk penderita diabetes lebih ketat lagi," ujar Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis kepada VIVAlife, Selasa, 15 Juli 2014.

Menko PMK Murka, Bus Lama Dicat Baru Jelang Libur Lebaran 2024

Ia menjelaskan bahwa penderita diabetes memang harus menjaga asupan gula karena kadar gula tubuh bisa melonjak dengan cepat. "Bahkan sebenarnya kalau bisa dianjurkan untuk tidak mengonsumsi gula sama sekali," ucapnya.

Tak hanya gula yang harus dibatasi, menurut Fiastuti, asupan hidangan Lebaran yang mengandung lemak tinggi seperti hidangan bersantan juga harus dijaga ketat. Hal ini karena penderita diabetes memiliki kecenderungan kadar kolesterol dan trigliseridanya mudah naik sehingga makan makanan berlemak tidak boleh berlebihan.

Ragnar Oratmangoen Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

"Orang diabetes kan harus menjaga berat badannya. Berlebihan nggak boleh, kurang juga nggak boleh. Kalau lemak dan kalori tinggi nanti kadar lemak meningkat dan berisiko obesitas," ucap dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Tak hanya itu, menurut dia penderita diabetes sebaiknya makan teratur, begitu pun saat Lebaran. Ia menyarankan untuk makan dalam porsi yang kecil namun frekuensinya sering.

"Ini supaya kadar gula dalam tubuh nggak fluktuatif. Jadi naik dan turunnya sedikit. Kalau makan banyak, kadar gula naik. Insulin keluar banyak mendadak turun. Pokoknya kuncinya makan teratur dengan porsi kecil tapi sering," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya