Hindari Santap Hidangan Khas Lebaran Berlebihan

Berdoa sebelum berbuka puasa.
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVAlife - Walau Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang membahagiakan, namun tak ada salahnya Anda sedikit membatasi asupan makanan saat Lebaran. Apalagi Lebaran selalu identik dengan hidangan-hidangan bersantan, tinggi lemak dan gula.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Pola makan yang tidak sehat dan frekuensi makan yang meningkat inilah yang dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan Anda. Misalnya, meningkatnya kadar lemak darah.

"Selain itu berisiko juga mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah. Makanan tinggi lemak juga dapat mengakibatkan risiko sulit buang air besar (BAB) yang berakibat pada peningkatan berat badan," ujar Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ditemui baru-baru ini.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Menurutnya, hidangan khas Lebaran memang sudah menjadi tradisi, akan tetapi batasi jumlahnya agar tidak berlebihan. Yang tidak kalah penting, tambahkan sayur dan buah, khususnya buah yang kaya serat, salah satunya buah kiwi.

"Buah yang kaya serat sangat baik dikonsumsi saat Lebaran karena dapat menjaga kesehatan saluran cerna, mencegah konstipasi, menjaga kadar lemak dan glukosa darah, dan menjaga agar tidak cepat lapar," ucapnya.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Selain serat, buah kiwi juga mengandung enzim actinidin, enzim unik yang hanya terdapat pada buah kiwi yang berfungsi membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah diserap. Protein yang diserap dengan baik akan memberikan manfaat sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak, dan menjaga agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga terbilang sangat tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah terjadinya infeksi, dan menjaga proses oksidasi yang dapat merusak sel. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, serta membentuk kolagen dan hormon yang baik bagi tubuh.

"Oleh karena itu, untuk menjaga agar seluruh keluarga tetap sehat dan fit sangat Lebaran, jaga pola makan sehat dengan menambahkan porsi sayur dan buah, terutama buah yang kaya vitamin C,"  kata Fiastuti. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya