Agar Diet Tak Gagal di Hari Lebaran

Ilustrasi puasa atau ramadan
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Tahukah Anda, satu buah kastengel mengandung 50 kalori? Maka satu toples kastengel bisa sampai 1000 kalori. Itu artinya sudah mencukupi kebutuhan kalori Anda selama sepekan.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Untuk menu khas Lebaran, yaitu opor ayam dan rendang daging, kalorinya masing-masing 450 dan 550 per potong. Artinya, sudah mencukupi separuh kebutuhan kalori Anda selama sehari.

Namun banyak yang beralasan bahwa di Hari Raya adalah saat  Anda untuk makan agak banyak. Benarkah begitu? Apakah Anda tidak bisa konsisten pada diet yang selama ini Anda jalani.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Berikut tips diet di Hari Raya agar berat badan tidak melonjak dan tubuh senantiasa fit.

Tetap konsumsi buah dan sayur

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Menu lebaran biasanya berlemak. Santan, minyak memang kelihatan menggoda, namun tinggi lemak dan kalorinya. Maka netralisir dengan buah dan sayur. Baiknya dimakan mentah, bukan olahan.

Pilah pilih minuman

Saat Lebaran, aneka minuman manis dan segar disajikan. Umumnya soda dan sirup. Anda bisa lho memilih mengonsumsi air putih saja. Ini untuk melepaskan toksin, menjaga kesegaran tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Jangan lapar mata

Saat Lebaran, makanan tersedia di rumah atau saat kunjungan ke rumah saudara. Percayalah, Anda tidak harus memakan semuanya. Boleh mencicip, tapi hanya sekadar untuk menjaga kesopanan.

Prinsip makan

Seperti Nabi, makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Intinya, dengarkan kode dari perut Anda. Jika perut mulai keroncongan maka segera makan dan berhenti saat merasa cukup. Percayalah, tidak ada gunanya merasa kekenyangan.

Mengatur pola makan saat Hari Raya bukan cuma untuk menjaga berat badan, namun juga agar tetap segar dan suasana hati terjaga. Anda tidak mau sakit perut, atau kekenyangan saat bertandang ke rumah saudara? Tubuh tidak nyaman, maka beraktivitas pun jadi terganggu.

Sumber: Jomblo.com

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya