5 Bumbu Penting Masakan Italia Ala Hijab Chef

Ilustrasi bawang putih
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Masakan Italia memiliki banyak variasi bumbu dasar yang menarik yang biasa digunakan. Variasi bumbu yang digunakan sangatlah luas mulai dari jenis buah, umbi-umbian, rempah hingga minyak. Ingin tahu bumbu wajib yang digunakan dalam meracik masakan Italia?

Penyebaran Narkoba Jenis Fentanil Jadi Ancaman Global

Tim AbraResto bertemu dengan Chef Ghoniyarossi untuk bertanya seputar bumbu dalam hidangan Italia. AbraResto.com adalah situs yang mengumpulkan, mengorganisasi, sekaligus meresensi berbagai restoran yang bermanfaat bagi pengguna situs untuk menemukan tempat yang cocok.

Selain itu, manfaat lain adalah dapat melihat, di mana teman pengguna bersantap dan mengetahui apa pendapat teman mengenai pengalaman bersantap di restoran tersebut.

ASN dari 25 Instansi Sudah Siap Pindah ke IKN

Abraresto.com dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan yang berpusat di Singapura, Abratable Pte. Ltd, yang juga mengoperasikan abratable.com di Singapura, platform reservasi restoran.

Chef Ghoniyarossi yang biasa dikenal dengan Hijab Chef ini membeberkan lima bumbu penting dalam meracik masakan Italia dan juga sekaligus menjelaskan kebaikan dari bumbu-bumbu tersebut.

Jelang Satgas RAFI, Dirut Pertamina Patra Niaga Gerak Cepat Cek Kesiapan Layanan Avtur di Lapangan

Bawang putih

Sejak lama, bawang putih dikenal memiki banyak manfaat. Selain itu, bawang putih mudah didapat dan juga diolah. Penambahan bawang putih sebagai bumbu di masakan seperti pasta atau risotto akan menambah rasa gurih dan aroma wangi.

Selain itu, sebuah penelitian di China menemukan fakta baru tentang bawang putih yang dipercaya memiliki khasiat sebagai pencegah tumbuhnya sel kanker.

Di Oksia, para peneliti bereksperimen pada sampel sel tubuh yang disuntikkan ekstrak zat bawang putih dan hasilnya menunjukkan bila pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia terlihat lebih lambat setelah mendapat asupan ekstrak zat bawang putih tersebut.

Minyak zaitun

Minyak zaitun sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng karena dipercaya lebih sehat karena merupakan minyak tak jenuh.  Ada beberapa jenis minyak zaitun yaitu extra virgin olive oil, light olive oil, dan pure olive oil.

Setiap jenis yang ada memiliki perbedaan penggunaan. Biarpun disiram atau direndam minyak zaitun, dapat membuat aroma lebih istimewa dan mempertahankan air yang terkandung. Jarang yang tahu jika masakan digoreng atau didadar, ditumis, maupun dipanggang dengan minyak zaitun, kandungan nutrisinya tetap bertahan dalam makanan.

Extra virgin olive oil, mutu terbaik dari minyak zaitun, cocok untuk memasak semua jenis bahan makanan terutama ikan. Jika dicampur cabai dan bawang putih, aroma akan lebih menyengat. Light Olive Oil digunakan bersama keju Italia. Roti yang dicelupkan dan lalu digoreng akan lezat dan harum. Sedangkan pure olive oile bagus digunakan untuk memanggang.

Selain itu, minyak zaitun mengandung tidak banyak lemak (trigliserida), serta kaya unsur mineral. Salah satunya dapat mencegah penyakit penebalan dinding pembuluh nadi (arteriosklerosis).

Basil

Ciri khas masakan Italia terdapat pada beberapa rempah wajib dan penting seperti daun basil. Daun basil berkhasiat sebagai antimikroba karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Biasanya, daun basil digunakan sebagai bahan dasar pesto (saus bumbu italia) dan pada hidangan pasta, mi, olahan ikan atau salad.

Berhubung aroma basil mudah hilang dalam proses memasak, maka daun basil diolah dalam masakan dalam bentuk masih mentah atau segar. Daun dipotong, lalu ditaburkan di atas makanan dingin maupun panas sebelum disajikan.

Tomat

Selain basil, bahan dasar penting dalam makanan italia adalah tomat. Buah yang juga berkhasiat sebagai antioksidan ini menjadi bahan utama untuk saus berbagai pasta seperti Bolognaise, Napolitaine, atau Marinara. Selain memberi cita rasa segar yang bisa membangkitkan selera makan, tomat juga berfungsi sebagai pewarna alami pada makanan.

Warna merah tomat disebabkan karena kandungan lychopene. Jadi, tomat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan menyehatkan jantung.

Paprika

Rasa paprika bervariasi mulai yang ringan hingga pedas. Paprika merah biasa ditambahkan dalam makanan untuk memberikan variasi warna. Penggunaan paprika juga untuk menghidupkan warna masakan ikan, ayam panggang, atau kentang tumbuk.

Paprika mengandung vitamin C yang tinggi, dan bisa membantu meningkat metabolisme tubuh. Selain itu, paprika juga mengandung vitamin A yang dapat membuat sel tubuh kuat terhadap udara dingin dan infeksi hidung atau pernapasan.

AbraResto.com adalah situs yang mengumpulkan, mengorganisasi, sekaligus meresensi berbagai restoran yang bermanfaat bagi pengguna situs untuk menemukan tempat yang cocok.

Selain itu, manfaat lain adalah dapat melihat, di mana teman pengguna bersantap dan mengetahui apa pendapat teman mengenai pengalaman bersantap di restoran tersebut.

Abraresto.com dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan yang berpusat di Singapura, Abratable Pte. Ltd, yang juga mengoperasikan abratable.com di Singapura, platform reservasi restoran.

Laporan: AbraResto/Syanne Susita

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya