Tampil Awet Muda Tanpa Uban, Ini Solusinya

Rambut beruban.
Sumber :
VIVAlife-
Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus
Proses penuaan adalah hal alami yang tak bisa dihindari. Salah satu tanda proses penuaan biasa ditandai dengan adanya rambut berwarna putih atau abu-abu yang biasa disebut uban.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Penyebab munculnya, karena rambut kehilangan warna alaminya yang disebut melanosit, dan pigmen lainnya yang kebanyakan berwarna putih keabu-abuan menjadi lebih menonjol dan mengisi seluruh tekstur rambut.
Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini


Biasanya, rambut beruban identik dengan tanda awal penuaan, namun dalam beberapa kasus, beruban bisa karena masalah genetika, stres berat, kekurangan gizi, atau masalah kesehatan lainnya.

Meski masih berusia muda, tidak jarang pula bisa ditemui pria atau wanita beruban. Namun anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk membantu memperlambat proses tersebut seperti dikutip laman
Times of India.


Stop Merokok


Saat ini semakin banyak peringatan akan bahaya merokok. Merokok terbukti membahayakan kesehatan. Tapi, tahukah Anda, rokokpun jadi penyebab munculnya uban di usia dini.


Hindari alkohol, kopi, makanan cepat saji

Alkohol, kopi dan makanan cepat saji adalah musuh terbesar bagi kulit dan rambut. Hindari makanan dan minuman tidak sehat ini dan beralihlah konsumsi makanan sehat kaya vitamin. Jika tidak bisa menghindari makanan dan minuman ini, anda bisa mencoba mengurangi porsinya.


Manajemen Stres


Stres merupakan penyebab utama munculnya uban. Gugup dalam jangka waktu panjang, kecemasan dan ketegangan membuat rambut kehilangan pigmennya. Cobalah untuk lebih rileks dengan melakukan meditasi, bernafas dalam-dalam, yoga, relaksasi, aromaterapi atau kegiatan lainnya yang bisa melawan stres.


Cukup Tidur


Tidur 7-8 jam sehari tidak hanya berguna untuk menjaga kondisi rambut, namun juga tubuh dan kulit.


Tetap Aktif


Lakukan olahraga secara teratur, karena hal ini membantu untuk memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kondisi kulit. Habiskan lebih banyak waktu olahraga di luar dan olahraga yang cukup untuk mencegah rambut beruban di usia dini.


Konsumsi makanan kaya protein


Protein adalah komponen penting untuk memproduksi melanin secara normal, dimana melanin berfungsi mempertahankan warna alami rambut dan pigmentasi kulit. Cobalah untuk sebisa mungkin mengonsumsi makanan kaya protein, seperti kedelai, ayam, sereal.


Konsumsi vitamin B


Kelompok vitamin ini mampu memperlambat proses rambut beruban, mulai dari vitamin B2, B6, B12, produkĀ  yang termasuk didalam keluarga vitamin ini adalah roti gandum, pisang, sereal, produk susu olahan, telur, sayuran berdaun hijau, daging, dan masih banyak lainnya.


Kosumsi Cuprum, Zinc, Selenium


Anda bisa menemukannya dalam makanan sehari-hari seperti bayam, lobak, biji bunga matahari, kacang mete, makanan laut dan jamur, ikan, bayam, wortel, pisang, gandum, jagung, kedelai, kenari.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya