Aquarobic, Bakar Lebih Banyak Kalori

Ilustrasi Aquarobic
Sumber :
VIVAlife - Bosan dengan latihan biasa di pusat kebugaran? Bagaimana kalau mencoba sesuatu yang berbeda dan lebih seru. Terlebih lagi dalam cuaca panas seperti sekarang ini. Aquarobic bisa menjadi pilihan.
Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Beberapa pusat kebugaran membuka kelas untuk aquarobic. Meski demikian, Anda tak harus mengunjungi pusat kebugaran untuk melakukan olahraga tersebut. Anda bisa melakukan aquarobic di kolam renang pribadi, fasilitas apartemen, atau kolam renang umum.
Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Sebelum melakukannya, ada baiknya mengenal aquarobic lebih dalam. Aquarobic adalah salah satu olahraga air. Hal ini pada dasarnya sama dengan sebuah kelas aerobik di gym, tetapi bedanya dilakukan di dalam kolam.
Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Gerakan yang dilakukan menjadi lebih ringan karena dilakukan di dalam air. Selain itu, olahraga ini lebih aman dari cidera.

Kelas aerobik biasa bisa menimbulkan stres atau cidera yang signifikan bagi tubuh, karena kaki mendarat di lantai kayu keras, atau lebih buruk lagi mendarat di lantai beton. 

Sementara, aquarobic, karena di dalam air, berarti dampaknya sangat minim pada tulang dan sendi.
 
Yang menyenangkan, prinsip pembakaran kalori dengan aquarobic dua kali lipat dibanding senam aerobik biasa. 

Perbandingannya, sebuah jogging tiga puluh menit di darat akan membakar sekitar 240 kalori. Sedangkan jogging yang sama di dalam air, akan membakar tambahan kalori sekitar 100 kalori lebih banyak.

Idealnya, aquarobic dilakukan selama 40-50 menit di dalam kolam, baik indoor maupun outdoor. Ada sejumlah alat yang bisa dipakai, misalnya alas kaki khusus, busa silindris atau pelampung untuk kolam yang lebih dalam. Semua tergantung kebutuhan. 

Berikut tips memulai latihan aquarobic:

1. Sebelum melakukan olahraga air, sebaiknya Anda melakukan pemanasan selama lima menit di dalam maupun di luar air.
 
2. Lanjutkan dengan beberapa gerakan yang membantu seperti mengangkat lutut, tendangan, jumping jack atau berjalan di dalam air secara bergantian. Beberapa gerakan yoga juga bisa dilakukan di dalam air.

3. Akhiri sesi latihan dengan pendinginan, kurang lebih lima menit setelah latihan.

Ini manfaat yang Anda dapatkan dari latihan aquarobic :

1. BB ideal. Dengan rutin melakukan latihan aquarobic selama satu jam, Anda dapat membakar kalori sebesar 235-345 kalori.

2. Latihan aquarobic sangat baik untuk menjaga kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung dan paru paru. Latihan ini akan meningkatkan sistem kardiovascular yang terbaik dalam tubuh.

3. Dengan melakukan aquarobic, tubuh akan terlatih keseimbangannya dan juga tekanan air akan membantu menjaga otot  tubuh.

4. Aquarobic dapat dilakukan oleh segala usia. Mulai remaja sampai dewasa. Gerakannya sederhana, dan menyenangkan. Berolahraga sambil main air, siapa yang tidak suka?

Sumber: Jomblo.com

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya