Masa Inkubasi Virus Ebola 21 Hari, Berujung Kematian

Dokter merawat korban virus Ebola di Monrovia, Liberia
Sumber :
  • Reuters/ Samaritan's Purse
VIVAnews
Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
- Wabah virus Ebola yang telah menewaskan hampir 700 orang di seluruh Afrika Barat, membuat semua orang panik karena takut akan tertular virus Ebola. Saat ini, obat untuk virus Ebola sedang dikembangkan.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Virus Ebola ditularkan ke manusia melalui hewan. Salah satunya penyebarannya melalui hewan kelelawar yang memakan buah. Buah akan dikonsumsi oleh manusia.
Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!


“Masa inkubasi Ebola yakni 21 hari. Tetapi sesaat setelah diagnosa akan cenderung berujung kematian,” ujar pakar medis Tulip Mazumbar, yang dilansir stasiun berita
BBC
, Kamis 31 Juli 2014.


Menurut Tulip, orang yang terkena Ebola tidak boleh menyerah karena tim peneliti sedang mengembangkan pengobatannya. Bahkan tim darurat juga sedang mengembangkan pengendalian wabah.


Penyebaraan virus Ebola juga diprediksi terjadi karena kebiasaan manusia untuk tidak mencuci tangan sebelum makan. Manusia sering kali mengabaikan pentingnya mencuci tangan. Padahal dengan cara itulah virus akan cepat menyebar.


Virus Ebola juga akan menular ketika bersinggungan langsung dengan orang yang sudah terkena Ebola. Bersinggungan langsung berarti saat orang tersebut berkeringat dan kita menyetuhnya. Salah satu penyebaran Ebola memang melalui keringat meski resikonya lebih rendah.


Tulip juga menjelaskan dalam Jurnal Sains, penularaan Ebola melalui gigitan nyamuk belum memiliki bukti. Sehingga masyarakat tidak perlu mencemaskanya.


“Keringat dan air liur beresiko sangat rendah. Justru melalui darah dan kotoran yang sangat beresiko,” ujar Ahli Epidemiologi di Milman school of Public Health di Columbia, Stephen Morse.


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dilansir dari
mvariety.com
, gejala Ebola terjadi meliputi beberapa hal mulai dari demam, nyeri otot, menggigil, sakit tenggorokan, muntah dan diare, serta nyeri tulang.


Dalam tingkatan lanjut, Ebola dapat menyebabkan perdarahan berat dari mulut dan hidung, Ebola juga menyebabkan gagal ginjal dan hati. (ren)


(Laporan: Dea Nisa)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya