Kata Pertama Bayi Masa Kini: Tablet

Ilustrasi anak bermain tablet
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Teknologi benar-benar telah mendarah daging dalam kehidupan manusia. Kini, anak terbiasa hidup dengan gadget sejak dini. Mereka bahkan telah mengenal iPad dan iPhone sebelum bersekolah.

Riset terbaru menganalisis penggunaan gadget pada keluarga. Lebih dari 3.600 orang dewasa diteliti, Juli 2014. Banyak fakta mengejutkan muncul, terutama yang berkaitan dengan gadget dan anak.

Beberapa di antaranya cukup ironis. Salah satunya, fakta bahwa 10 persen responden mengaku, kata pertama yang keluar dari mulut buah hati mereka bukan “mama” atau “papa”, melainkan “tablet”.

Tak heran, 12 persen orangtua membiarkan anak berusia di bawah dua tahun bermain dengan gadget. Untuk anak usia sekolah, mereka dibiarkan bermain tablet setidaknya satu jam sehari.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Sebanyak 7 persen orangtua bahkan “menyerahkan” mereka pada gadget tiga sampai empat jam per hari.

Bukan rahasia bahwa bayi pun tertarik pada gadget. Sebanyak 81 persen mereka berusaha merebut komputer tablet dari orangtua mereka dengan menjatuhkan atau melemparkannya.

Masih menurut survei yang diselenggarakan Tech21, 25 persen responden mengaku layar tabletnya dirusak anak, setidaknya sekali setahun. Penggunaan gadget tertinggi, adalah di ruang tamu dan dapur.

Mungkin itu yang menjadi alasan akhirnya orangtua membelikan anak mereka gadget pribadi. Terbukti, saat ditotal orangtua di Inggris menghabiskan hampir Rp44 triliun setahun untuk gadget anak.

Masih menurut studi, anak tipe tertentu bahkan memiliki empat gadget sekaligus untuk digunakan sendiri. Untuk mereka, orangtua menghabiskan hampir Rp6 juta per tahunnya.

Sumber: Daily Mail

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024