Tangalooma, Alam Bawah Laut Penuh Pesona

Situs kapal karam Tangalooma
Sumber :
  • Amusing Planet/Imgur
VIVAlife
Terpopuler: Viral Innova Zenix Tak Kuat Nanjak, Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen
- Siapa sangka, musibah kapal karam bisa menguntungkan? Adalah Tangalooma, sebuah barisan kapal karam yang berlokasi di sebelah selatan Pulau Moreton. Kini, lokasi itu jadi destinasi wisata.

PKS: Israel Biang Kerok Instabilitas Timur Tengah dan Ancaman Perdamaian Dunia

Pulau Moreton di pesisir Queensland Tenggara, Australia merupakan sebuah pulau pasir luas. Ia bahkan dikenal sebagai pulau pasir terluas ketiga di dunia. Selain pasir putih, perairan di sana juga begitu biru.
Viral Kisah Pilu Seorang Suami Rela Jual Organ Tubuh demi Bisa Hidup Bersama Istri


Tapi yang paling menarik, ada 15 buah bangkai kapal karam di Tangalooma. Barisan mereka menciptakan situs penyelaman indah. Para penyelam dari berbagai penjuru dunia memfavoritkannya.


Di sana, penyelam disuguhi pemandangan laut cantik dari kedalaman dua hingga 10 meter, dengan jarak pandang sejauh delapan meter.


Di destinasi wisata itu, berbagai kehidupan laut tampak memukau. Kumpulan ikan seperti
wobbegongs
,
trevally
,
kingfish
,
yellowtail
, dan ikan tropis bermain-main dengan situs kapal karam di sana.


Mengutip
Amusing Planet
, kapal karam Tangalooma punya legenda sendiri. Itu berawal dari permintaan sekelompok pemilik kapal agar dibuatkan sebuah pelabuhan di sekitar pulau.


Bukannya diberi pelabuhan, pihak berwenang justru menghadiahi 15 buah kapal rusak yang ditenggelamkan di sekitar bibir pantai. Kapal-kapal karam itu ditujukan untuk menghalau ombak besar, sehingga kapal kecil dapat berlabuh di sekitar pantai secara aman. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya