Menikmati Lezat Cumi di Bawah Laut

Cumi Ikitzukuri khas Jepang
Sumber :
  • Facebook/Yobuko Mambou
VIVAlife –
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Dalam bahasa Jepang, umi berarti pantai. Namun, di Kyushu, umi punya arti lain. Tidak lagi berarti pantai, umi di Kyushu berarti sebuah restoran unik. Berlokasi di kota Karatsu di Perfektur Saga, restoran yang diberi nama Yobuko Mambou itu memang didirikan di tengah umi alias di bawah laut.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Istimewanya lagi, Yobuko Mambou merupakan restoran bawah laut pertama yang dimiliki Jepang. Didirikan tahun 1983, restoran ini menjadi destinasi utama warga dan turis yang ingin menikmati citarasa klasik Negeri Sakura.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


Menuju ke restoran berlambang mambou atau ikan mola-mola ini, Anda harus melewati jembatan dermaga sepanjang 50 meter yang menghubungkan restoran dengan pantai. Jika Anda lebih memilih mandi matahari sembari bersantap, Anda bisa duduk di bagian dek yang tepat menghadap laut.


Namun, jika eksotisme taman laut adalah pilihan Anda, maka pelayan akan mengantarkan Anda ke lantai bawah, di mana ikan dan terumbu karang menjadi pemandangan utama dari jendela besar yang mengelilingi restoran.


Pemandangan di Yobuko Mambou memang memikat, namun daftar menunya terbatas. Jangan berharap melihat barisan menu layaknya restoran di Indonesia, Yobuko Mambou hanya menyediakan menu makanan laut, dengan menu favorit berupa hidangan cumi.


Kendati terbatas, menu di Yobuko Mambou tidak bisa ditemukan di restoran lain. Salah satunya adalah hidangan klasik siomai cumi. Kabarnya, Yobuko Mambou merupakan restoran pertama di Jepang yang menyajikan siomai cumi.


Menu berikutnya yang tidak kalah menarik adalah cumi ala ikitzukuri yang berarti, cumi disajikan mentah bersama acar dan kecap asin. Uniknya, cumi di Yobuko Mambou disajikan masih sedikit bergerak di atas piring.


Jangan takut, di Jepang, hal tersebut berarti chef menghadirkan hidangan yang benar-benar segar di hadapan Anda. Tradisi kuno yang kini sudah mulai menghilang.


Jika Anda datang bersama anak-anak, Yobuko Mambou pun tidak ketinggalan menyajikan hiburan menarik, yakni tur taman bawah laut, dimana anak-anak bisa mengamati ikan di sekitar restoran atau permainan menarik di bagian dek, seperti voli pantai.


Tapi, sebaiknya Anda memesan tempat sebelum datang ke restoran ini. Pasalnya, selalu terdapat antrean panjang para konsumen, terutama di musim panas.


Sumber: RocketNews24

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya