6 Kuliner Unik Terbuat dari ASI

Lolipop rasa aneh
Sumber :
  • Lollyphile

VIVAlife - Air Susu Ibu (ASI) idealnya merupakan makanan pertama untuk dikonsumsi bayi. ASI punya banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang otak dan keseluruhan organ bayi.

Itu membuat orang mulai mempertimbangkan ASI agar dapat dikonsumsi oleh setiap kalangan. Di beberapa negara, mulai muncul tren kuliner yang berbahan dasar ASI.

VIVAlife merangkum dari berbagai sumber, dan berikut kuliner-kuliner yang terbuat dari ASI.

Es krim

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Adalah Icecreamists, kedai es krim gourmet yang terletak di Covent Garden. Ia yang pertama kali menciptakan inovasi es krim berbahan dasar ASI. Dinamakan Baby Gaga, es krim ini dibuat menggunakan bahan-bahan pembuat es krim pada umumnya.

Namun, susu sapi diganti oleh ASI yang didonasikan oleh wanita-wanita di Inggris.

Risotto

Risotto, salah satu hidangan asal Italia yang terbuat dari produk susu seperti krim dan susu sapi. Berupa nasi berbumbu yang diberi topping daging, risotto menjadi santapan favorit berbagai kalangan.

Seorang psikolog, Dr. Wendy lah yang pertama kali menciptakan inovasi risotta dari ASI. Ia pertama kali memasaknya sendiri di rumah untuk disajikan pada tamu-tamunya.

Keju

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Seorang chef asal New York, Daniel Angerer memutuskan menyulap ASI sang isteri menjadi keju lezat yang resepnya ia tulis di blog pribadinya. Walaupun tidak dijual untuk masyarakat umum, keju ini menarik perhatian banyak pengguna internet yang kemudian mencoba membuat keju dari ASI.

Lasagna

Selain risotto, ada hidangan Italia lain yang menggunakan ASI sebagai pengganti susu sapi: lasagna. Adalah Abi Blake, wanita yang memproklamirkan dirinya sebagai Nigella Lawson dalam hal hidangan ASI yang pertama kali menciptakan inovasi ini.

Selain lasagna, Blake juga membuat hidangan lain dari ASI, seperti smoothie, cake, hingga kue tart.

Lolipop

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Sebagai salah satu camilan favorit anak-anak, lolipop biasanya terbuat dari sirup buah-buahan dan susu sapi. Sebuah perusahaan penghasil permen lolipop, Lollyphile mengambil langkah baru dalam menciptakan produk lopipop, yakni terbuat dari ASI.

Walaupun begitu, tetap digunakan susu sapi dalam pembuatan lolipop ini. ASI hanya digunakan sedikit untuk memberikan sentuhan cita rasa khas ASI. Harga permen lolipop unik itu terbilang mahal, yaitu berkisar dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

Yogurt

Hampir sama dengan es krim, yogurt ASI juga dibuat dengan menggantikan susu sapi. Namun, produk ini dibuat khusus untuk bayi. Banyak yang berpendapat, cita rasanya sangat mirip dengan ASI walaupun untuk membuat yogurt dibutuhkan proses fermentasi yang cukup lama. (art)

Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024